Proyek Sabuk Pantai di Pesisir Utara Karawang Belum Mampu Meminimalisir Hantaman Gelombang Pasang, Puluhan Rumah Warga Cemarajaya Ambruk

Oleh: Darsen Tajudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Proyek  sabuk pantai yang ada di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, tepatnya di Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya hingga kini manfaatnya belum bisa dirasakan warga sekitar.

Sabuk pantai berupa tumpukan karung yang berisi pasir di Desa Cemarajaya masih belum mampu meminimalisir hempasan gelombang laut

Hal itu terjadi karena sabuk pantai dibangun hanya di bawah permukaan air, sehingga   gelombang pasang masih mampu menerjang pemukiman warga.

“Awalnya saya senang sekali, sebab dengan digelarnya proyek ini rumah saya dipastikan bisa terlindungi dari hempasan gelombang pasang. Namun kenyataannya proyek sabuk pantai sama sekali tidak bermanfaat bagi warga disini, “kata Wanli (50) warga Desa Cemarajaya yang rumahnya terletak dipesisir pantai utara Karawang.

Papan nama pengerjaan proyek sabuk pantai di Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya kini sudah tidak terpasang lagi

Menurutnya, pengerjaan sabuk pantai yang hanya dipasang di bawah permukaan air laut sama sekali tidak mampu meminimalisir hempasan gelombang yang setiap saatnya mengancam rumah warga yang ada di sekitar pesisir pantai utara Karawang.

“Sama aja bohong mas!! Masak proyek untuk melindungi pantai dan mempertahankan abrasi hanya dipasang di bawah permukaan air laut, ”ujarnya.

BERITA TERKAIT BACA JUGA: Naaah Looh!! Baru Dikerjakan 50 Persen Kontraktor Proyek Pembangunan Sabuk Pantai di Desa Cemarajaya Ngilang

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Cayim (50). Cayim mengaku rumahnya telah ambruk akibat diterjang gelombang pasang yang terjadi beberapa waktu lalu. Meski rumah yang menjadi tempatnya berlindung dari terik matahari dan dinginnya hujan telah porak poranda, namun hingga saat ini ia mengaku belum mendapatkan bantuan sama sekali dari Pemerintah Daerah setempat.

Kondisi rumah warga Desa Cemarajaya yang berada di pesisir pantai nyaris ambruk akibat diterjang gelombang pasang

“Saya hanya bisa pasrah mas. Mau bagaimana lagi? Mau mindahin rumah juga tidak punya biayanya.  Penghasilan saya sebagai nelayan hanya pas-pasan buat makan saja. Maklumlah, saya hanya mencari ikan dipinggiran pantai. Saat dimulainya proyek sabuk pantai saya merasa senang, namun kok gundukannya tidak terlihat. Saya juga belum merasakan manfaat dari pengerjaan proyek ini, “keluh Cayim.

Sementara, saat dihubungi via pesan singkat, salah satu pejabat di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang mengaku memiliki tanggungjawab moral saat melihat kondisi pemasangan sabuk pantai yang ada di pesisir utara Karawang tersebut.

Batas pemasangan sabuk pantai di pesisir utara Karawang

“Kami ikut prihatin dengan kondisi sabuk pantai yang hanya dipasang di bawah permukaan air laut, “ujar Durahim Suarli, salah seorang Kepala Bidang di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten  Karawang, via pesan singkat. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: 

One Response

Comments are closed.