Terkait Laporan LBH LMP ke Dewan Pers, Media Online BaskomNews.com Mengaku Tidak Pernah Berurusan dengan Ketua LMP Macab Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG,TINTABIRU.COM Pemimpin redaksi media online baskomnews.com mengaku tidak pernah memiliki persoalan dengan Ketua Laskar Merah Putih Markas Cabang Kabupaten Karawang, Awandi Siroj, terkait pemberitaan yang diterbitkannya pada Kamis (26/4/18) yang berujung dilaporkannya media tersebut ke Dewan Pers oleh LBH LMP pada Rabu (2/5/18) kemarin.

Dari kanan ke kiri: Ketua LMP Macab Karawang, Awandi Siroj, Ade Kosasih, Wahyu Anggara Putra

Berikut rilis sanggahan yang dikirim pemimpin redaksi baskomnews.com kepada tintabiru.com pada Sabtu (5/5/18) sore sekitar pukul 17:03 WIB.

1. Pada Senin, 1 April 2018, wartawan BaskomNews.com mendapatkan informasi adanya lahan produktif pertanian di sisi jalan Lingkar By Pass, Karawang Barat yang diarug tanah merah. Informasi ini dianggap isu dan bahan berita yang menarik di Karawang. Karena selama ini “persoalan alih fungsi lahan” dari pertanian ke industri ataupun perumahan memang menjadi salah satu titik fokus bahan isu berita BaskomNews.com.

2. Pada Senin, 2 April 2018, wartawan BaskomNews.com menerbitkan berita dengan judul : “PARAH! SAWAH PADI YANG MAU PANEN DI KARAWANG MENDADAK DIURUG TANAH MERAH PROYEK”, berikut link beritanya: Parah! Sawah Padi yang Mau Panen di Karawang Mendadak Diurug Tanah Merah Proyek

3. Selanjutnya, BaskomNews.com terus mendalami isu soal dugaan alih fungsi lahan pertanian di sisi jalan Lingkar By Pass Karawang Barat ini. Hingga pada Rabu 4 April 2018, BaskomNews kembali melakukan investigasi dan menerbitkan berita dengan judul : “SOAL SAWAH PADI YANG DIURUG TANAH MERAH PERUSAHAAN DI LINGKAR BY PASS, INI PENGAKUAN PETANI”. Berikut link beritanya: Soal Sawah Padi yang Diurug Tanah Merah Perusahaan di Lingkar By Pass, Ini Pengakuan Petani

4. Pada Rabu, 4 April 2018 juga, BaskomNews.com mendapatkan informasi teranyar terkait isu lahan pertanian produktif yang diarug tanah merah ini. Salah seorang narasumber BaskomNews.com bernama Asep Agustian SH, MH menginformasikan dan merilis informasi baru.

Dalam sesi wawancara dengan narasumber Asep Agustian SH, MH ini, narasumber menjelaskan jika persoalan lahan pertanian produktif di sisi jalan Lingkar By Pass Karawang Barat ini diduga kuat melibatkan “Pejabat Karawang”, yang dalam hal ini menjurus kepada salah seorang oknum Sekretaris OPD (Organisasi Perangkat Daeah) Karawang. Berikut link beritanya.

Sehingga BaskomNews.com kembali menerbitkan berita dengan judul : “PENJARA MENANTI OKNUM PEJABAT “CALO” IZIN URUGAN TANAH MERAH DI SAWAH LINGKAR BY PASS”

Isu teranyar ini kembali memunculkan isu baru yang menarik bagi BaskomNews.com, terkait persoalan “dugaan penyalahgunaan wewenang jabatan” sang oknum Sekretaris OPD Karawang yang diduga memanfaatkan jabatan untuk “proyek pengarugan tanah merah”. Berikut link beritanya: Penjara Menanti Oknum Pejabat “Calo” Izin Urugan Tanah Merah di Sawah Lingkar By Pass

5. Tidak hanya sampai di situ, tim redaksi BaskomNews.com terus menggali informasi teranyar terkait persoalan ini. Sehingga pada Kamis, 26 April 2018, BaskomNews.com kembali mendapatkan isu ternyar yang menarik, jika persoalan lahan produktif pertanian yang diarug tanah merah di sisi Jalan Lingkar Bay Pass Karawang Barat ini juga “diduga melibatkan salah seorang oknum aktivis di Karawang” yang disuruh sang oknum Sekdis OPD untuk mengurusi perizinan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL).

Dengan narasumber Pembina DPC AMIB (Angkatan Muda Indonesia Bersatu) Karawang, Yayan Sopian, BaskomNews.com kembali menerbitkan berita dengan judul: “SEKDIN DAN OKNUM AKTIVIS DI KARAWANG DIDUGA “KONGKALIKONG” JADI CALO PENGARUGAN TANAH. DUUUH…!!”. Berikut link beritanya: Sekdin dan Oknum Aktivis di Karawang Diduga “Kongkalikong” Jadi Calo Pengarugan Tanah. Duuuh…!!

6. Kemudian, BaskomNews.com terus melakukan investigasi terkait isu ini. Hingga akhirnya, narasumber BaskomNews.com bernama Asep Agustian SH, MH menginformasikan bahwa “oknum sang sekdis OPD dan oknum aktivis Karawang yang diduga melakukan kongkalingkong” atas persoalan ini menjurus kepada inisial “PT” (sang oknum Sekdis OPD) dan oknum aktivis berinisial “AK”.

Bahkan kepada BaskomNews.com, Asep Agustian SH, MH juga mengaku telah kedatangan “AK” di kantornya di Galuh Mas Karawang. Kedatangan “AK” ini dijelaskan Asep Agustian SH, MH untuk memberikan sejumlah uang, dengan tujuan agar Asep Agustian SH, MH tidak ikut campur lagi dalam persoalan ini. Namun kepada BaskomNews.com, Asep Agustian SH, MH mengaku telah “MENOLAK” permintaan dari oknum aktivis Karawang ini.

7. Hingga Kamis, 26 April 2018, dalam kegiatan “Pemaparan ANDAL Kawasan Wisata PT. Indorenus Megah Persada” yang bertempat di Brits Hotel Karawang, wartawan BaskomNews.com melihat keberadaan oknum sekdis OPD “PT” dan oknum aktivis Karawang “AK” yang terlihat “ngopi bareng” disela-sela kegiatan Pemaparan ANDAL Kawasan Wisata PT. Indorenus Megah Persada.

Di sana terlihat juga aktivis Karawang lainnya berinisial “AA” yang juga ikutan ngopi bareng.

Saat itu, wartawan BaskomNews.com sengaja menunggu acara sampai selesai, dengan maksud ingin mewawancarai sang oknum Sekdis OPD terkait persoalan isu berita yang selama ini sedang digali Tim Redaksi BaskomNews.com.

Hingga acara selesai, wartawan BaskomNews.com sengaja menghampiri sang oknum Sekdis OPD untuk keperluan wawancara. Namun sayangnya, sang oknum Sekdis OPD terkesan enggan diwawancara. Yang bersangkutan hanya mengeluarkan pernyataan singkat kepada wartawan BaskomNews.com. “Ah hanya pertemuan biasa,” ujar sang sekdis, saat ditanya soal pertemuan itu, sesaat keluar dari mobilnya, hendak masuk ke sebuah cafe, tempat pertemuan tertutup itu”.

Hingga akhirnya, pada Kamis, 26 April 2018 itu juga, BaskomNews.com kembali menerbitkan berita dengan judu : HAYO…SANG SEKDIS “NGOPI” BARENG OKNUM AKTIVIS DI SEBUAH CAFE.

Pada berita ini BaskomNews menjelaskan sang oknum sekdis berinisial PT dan oknum aktivis Karawang berinisial AK yang terkesan enggan diwawancarai lebih lama oleh wartawan BaskomNews.com. Berikut link beritanya: Hayo…Sang Sekdis “Ngopi” Bareng Oknum Aktivis di Sebuah Cafe

8. Dalam fokus investigasi isu berita “lahan produktif pertanian yang diarug tanah merah ini”, akhirnya Tim Redaksi BaskomNews.com memfokuskan investigasi isu beritanya kepada 2 isu:

a. Bolehkah lahan pertanian produktif di sisi Jalan Lingkar Bay Pass Karawang Barat tersebut beralih fungsi lahan menjadi bangunan perusahaan?

b. Bolehkah seorang sekretaris OPD memanfaatkan jabatannya untuk proyek pengarugan tanah dan kepengurusan izin perusahaann ?

Selanjutnya, wartawan BaskomNews.com terus melakukan investigasi berita lebih mendalam. Sampai akhirnya, tiba-tiba saja pada 27 April 2018, Awandi Siroj, Ketua Markas Cabang Laskar Merah Putih (Marcab LMP) Karawang membantah isu berita BaskomNews.com dengan cara mengeluarkan statemen di media online SinfoNews.com dengan judul berita : AWANDI SIRODJ : CHEK DULU KEBENARANNYA, JADILAH MANUSIA YANG SELEKTIF, OBJEKTIF DALAM MENGANALISA BERITA AGAR TIDAK TERBAWA KEDALAM MASA RENAISSANCE-NYA INFORMASI.

Berikut link beritanya: Awandi Sirodj : Chek Dulu Kebenarannya, Jadilah Manusia Yang Selektif, Objektif Dalam Menganalisa Berita Agar Tidak Terbawa Kedalam Masa Renaissance-Nya Informasi

Sampai saat ini, Manajemen dan Tim Redaksi BaskomNews.com belum mengetahui motif apa sebenarnya, sehingga tiba-tiba Awandi Siroj membantah isu berita BaskomNews.com tersebut. Bahkan, bantahan isu berita BaskomNews.com tersebut tidak hanya dilakukan sekali. Melainkan dua kali pernyataan bantah isu BaskomNews.com di media Sinfonews.com.

Sehingga pada 27 April 2018, Awandi Siroj kembali merilis pernyataannya di media Sinfonews.com dengan judul berita: AWANDI SIROJ : GADUH ZONA HIJAU BY PASS KARAWANG, KALAU TOH “KONGKALIKONG” TUNJUK HIDUNG SAJA!.

Berikut link berita pernyataan Awandi Siroj di media Sinfonews.com: Awandi Siroj : Gaduh Zona Hijau By Pass Karawang, Kalau Toh “Kongkalikong” Tunjuk Hidung Saja!

9. Bahkan tidak hanya sampai disitu, isu bantahan berita BaskomNews.com ini juga kembali dibantah oleh Wahyu Anggara Putra, SH, praktisi hukum muda Karawang yang diketahui merupakan anak dari Awandi Siroj. Melalui media jayaantara.news.com bersama praktisi lainnya bernama Jasman Safputra, SH,, Wahyu Anggara melirs statemen dengan judul: LUCU! ISSUE KONGKALIKONG PERIZINAN LINGKAR BY PASS KARAWANG LAYAKNYA BERITA INFOTAINMENT.

Berikut link beritanya: LUCU! Issue Kongkalikong Perizinan Lingkar By Pass Karawang Layaknya Berita Infotainment

10. Bahkan tidak hanya sampai disitu, YANG LEBIH ANEHNYA LAGI, melalui media targetnews.com, tiba-tiba saja Awandi Siroj bersama Ferry Alexi Dharmawan Wakil Ketua Marcab LMP Karawang, membantah isu berita BaskomNews.com lainnya. Yaitu isu soal ketenagakerjaan. Karena Senin, 23 April 2018, wartawan BaskomNews.com sempat menulis berita dengan judul: CELLICA ANCAM MUTASI OKNUM DISNAKER YANG SUKA MENGUTIP “UANG KECIL” DARI PENCAKER.

Berikut link beritanya: Cellica Ancam Mutasi Oknum Disnaker yang Suka Mengutip “Uang Kecil” dari Pencaker

Dan pada Kamis 3 Mei 2018, Kepala Disnakertrans Karawang, H. Ahmad Suroto kembali diminta klarifikasi wawancara oleh wartawan BaskomNews.com. Hingga akhirnya, BaskomNews.com menerbitkan berita dengan judul: KADISNAKER AKUI MASIH BANYAK CALO NAKER BERKELIARAN.

Berikut link beritanya: Kadisnaker Akui Masih Banyak Calo Naker Berkeliaran

Dan berikut juga link berita bantahan isu ketenagakerjaan berita BaskomNews.com, yang kemudian dibantah oleh Awandi Siroj dan Ferry Alexi Dharmawan. Termasuk oknum aktivis berinisial “AK” yang dari awal diduga BaskomNews.com terlibat dalam persoalan perzinan pengaruhan tanah merah lahan pertanian produktif di sisi jalan Lingkar Bay Pass Karawang Barat juga ikut-ikutan berkomentar terkait isu ketenagakerjaan di Karawang.

Berikut link beritanya; Tudingan Calo Pencaker Di Lingkungan Disnakertrans, Tidak Mendasar dan Kekanak-kanakan

Berikut link beritanya:Peringatan May Day Karawang Kondusif, Tak Lepas Dari Peran Serta Disnaker Dan Element Buruh

11. Sampai saat itu, Tim Redaksi BaskomNews.com belum memahami terkait motif apa tiba-tiba Awandi Siroj mengkanter atau mengklarifikasi isu-isu berita di BaskomNews.com. Kalau memang ingin klarifikasi berita, mengapa tidak klarifikasi di BaskomNews.com secara langsung?. Melainkan malah mengeluarkan pernyataan klarifikasi di media online yang lain?

Atas persoalan isu investigasi berita ini, Tim Redaksi BaskomNews.com tidak ingin “diadu domba” dengan Laskar Merah Putih (LMP) Karawang. Sehingga tim redaksi BaskomNews.com tetap fokus kepada investigasi dua isu awal berita, yaitu:

a. Bolehkah lahan pertanian produktif di sisi Jalan Lingkar Bay Pass Karawang Barat tersebut beralih fungsi lahan menjadi bangunan perusahaan?

b. Bolehkah seorang sekretaris OPD memanfaatkan jabatannya untuk proyek pengarugan tanah dan kepengurusan izin perusahaan?

Persoalan Dugaan “Adu Domba” BaskomNews.com dengan LMP Karawang mulai tercium?

12. Pada Selasa, 25 April 2018, Pimpinan Redaksi (Pimred) BaskomNews.com Ade Kosasih, SE sedang bersantai nongkrong di Sekretariat MPC Pemuda Pancasila Karawang di Stadion Singaperbangsa Karawang.

Tiba-tiba saja, salah seorang aktivis Karawang berinisial “AA” mencoba berdialog dengan Pimred BaskomNews.com. AA mengaku merasa tersinggung karena alasan namanya tiba-tiba disindir wartawan BaskomNews.com melalui status akun media sosial facebook wartawan BaskomNews.com, dengan menyebut “dua oknum aktivis”.

Merasa tersinggung, AA mengaku kepada Pimred BaskomNews.com, bahwa ia telah menyuruh Ketua LMP Karawang Awandi Siroj untuk membantah isu berita di BaskomNews.com.

“Eta si bayu (wartawan BaskomNews.com) kunaon nyebut-nyebut dua oknum aktivis sih. Mun rek ngahajar mah fokus weh ka Si Andri Kurniawan (AK). Tong sagala ngalibatkeun aing, da aing mah teu apal naon-naon. Aing ngan saukur milu nongkrong di dinya. Nya enggeus weh sakalian Abah Wandi ku aing titah ngomong di media lain”.

(Itu kenapa si batu nyebut-nyebut dua oknum aktivis. Kalau mau menghajar beritanya fokus saja ke nama Andri Kurniawan. Jangan melibatkan nama saya, da saya tidak tahu apa-apa. Saya hanya ikut nongkrong di situ. Akhirnya, saya kagok sekalian nyuruh Abah Wandi untu komentar di media lain”, kata AA, kepada Pimred BaskomNews.com saat itu.

13. Tidak ingin fokus isu berita terpecah, tim redaksi BaskomNews.com terus melanjutkan investigasi kasusnya. Sehingga pada Kamis 26 April 2018, wartawan BaskomNews.com kembali menulis berita dengan judul : ASKUN : “SAYA SUDAH TELPON KADISHUB, BELIAU NGAKU GAK MAU IKUT CAMPUR”.

Dalam berita ini, narasumber BaskomNews.com Asep Agustian SH, MH mengaku kepada BaskomNews.com, bahwa Kepala Dishub  Karawang Arief Bijaksana Maryugo tidak akan ikut campur dalam persoalan “dugaan penyalahgunaan jabatan” oknum sekdisnya tersebut.

Berikut link beritanya: Askun : “Saya Sudah Telpon Kadishub, Beliau Ngaku Gak Mau Ikut Campur”

14. Kemudian, pada Selasa 1 Mei 2018. Pimred BaskomNews.com mendapatkan telpon dari Asep Agustian SH, MH untuk “merapat” ke kediamannya di Anjun Karawang Barat. Di dalam pos ronda, di sana Asep Agustian menjelaskan bahwa dirinya baru saja kedatangan Ketua LMP Karawang, Abah Wandi Siroj yang meminta Asep Agustian tidak ikut campur dalam persoalan ini.

Berdasarkan penjelasan dari Awandi Siroj, kepada BaskomNews.com Asep Agustian juga mengaku ada sejumlah uang yang sedang dibagikan oknum aktivis Karawang berinisial AK, untuk dibagikan ke beberapa pihak, agar tidak ikut campur dalam persoalan ini.

Tidak berselang lama, Pembina DPC AMIB Karawang, Yayan Sopia menelpon Pimred BaskomNews.com, dan meminta BaskomNews.com mengklarifikasi ataupun meminta maaf kepada Ketua LMP Karawang, Awandi Siroj.

Melalui via telpon tersebut, Pimred BaskomNews.com justru bertanya balik kepada Yayan Sopian, “harus klarifikasi atau meminta maaf atas dasar apa”. Karena sejak awal BaskomNews.com tidak pernah memiliki persoalan dengan Ketua LMP Karawang Awandi Siroj.

Setelah mendengarkan penjelasan lengkap kronologis kejadian dari Pimred BaskomNews.com, akhirnya Yayan Sopian mengakui tidak pernah adanya persoalan antara BaskomNews.com dengan Ketua LMP Karawang.

15. Pada Jumat, 4 Mei 2018, Tim Redaksi BaskomNews.com kembali bersilaturahmi dengan Asep Agustian SH, MH di Rumah Sakit Bayukarta Karawang. Karena secara kebetulan, saat itu Asep Agustian sedang sakit dan sudah beberapa hari dirawat di RS Bayukarta.

Melalui kesempatan ini, Asep Agustian SH, MH juga menginformasikan kepada BaskomNews.com, jika pada akhirnya Sang Oknum Sekdis meminta bantuan kepada Pembina DPC AMIB Karawang, Yayan Sopian untuk menghampiri dirinya.

Bersamaan itu, Asep Agustian mengaku kedatangan sang oknum sekdis dan Yayan Sopian. Yaitu dimana keduanya meminta, agar persoalan ini tidak berlarut-larut kemudian semakin ramai diperbincangkan publik Karawang.

16. Menyikapi persoalan adanya “dugaan upaya adu domba” antara BaskomNews.com dengan LMP Karawang ini, lagi-lagi tim redaksi BaskomNews.com tidak ingin terprovokasi. Hingga akhirnya, tim redaksi BaskomNews.com memutuskan untuk tetap fokus pada dua isu persoalan:

a. Bolehkah lahan pertanian produktif di sisi Jalan Lingkar Bay Pass Karawang Barat tersebut beralih fungsi lahan menjadi bangunan perusahaan?

b. Bolehkah seorang sekretaris OPD memanfaatkan jabatannya untuk proyek pengarugan tanah dan kepengurusan izin perusahaan?

Namun di tengah perjalanan, upaya dugaan adu domba BaskomNews.com dengan LMP Karawang ini terus ramai di publik Karawang. Bahkan melalui media akun sosial facebook, salah seorang yang menggunakan akun palsu facebook dengan nama “Agus Delta” terlihat terus memprovokasi Abah Wandi Siroj dan Wahyu Anggara Putra (pengacara, anak dari Abah Wandi Siroj).

17. Hingga akhirnya, pada 2 Mei 2018, Wahyu Anggara Putra melaporkan BaskomNews.com ke Dewan Pers, dengan tuduhan “pelanggaran kode etik pers”.

Kemudian, pada 5 Mei 2018, Wahyu Anggara Putra kembali merilis berita lewat media online tintabiru.com dengan judul berita: DINILAI LANGGAR KODE ETIK JURNALISTIK LBH LMP KARAWANG LAPORKAN MEDIA ONLINE LOKAL KE DEWAN PERS

Berikut link beritanya: Dinilai Langgar Kode Etik Jurnalistik LBH LMP Karawang Laporkan Media Online Lokal Ke Dewan Pers

Melalui berita tersebut, LBH Laskar Merah Putih mengaku sedang menunggu i’tikad baik dari tim media baskomnews.com untuk mengklarifikasi perihal pemberitaan yang berjudul : Hayo…Sang Sekdis “Ngopi” Bareng Oknum Aktivis di Sebuah Cafe yang diterbitkan pada Kamis (26/4/18).

PERNYATAAN SIKAP MANAJEMEN DAN REDAKSI BASKOMNEWS.COM

1. Manajemen dan Tim Redaksi BaskomNews.com tidak perlu melakukan klarifikasi kepada LHB Laskar Merah Putih Karawang. Karena sejak awal, Tim Redakssi BaskomNews.com “TIDAK PERNAH MEMILIKI PERSOALAN” dengan Laskar Merah Putih Karawang. Apalagi menyindir Ketua LMP Karawang, Abah Wandi Siroj dalam berita BaskomNews.com.

Karena isu berita dengan judul Hayo…Sang Sekdis “Ngopi” Bareng Oknum Aktivis di Sebuah Cafe yang diterbitkan pada Kamis (26/4/18), sama sekali tidak pernah menyebut bahkan menyindir nama Ketua LMP Karawang, Awandi Siroj

Hal tersebut kami anggap hanya sebuah reaksi yang berlebihan, karena LMP Karawang diduga terprovokasi oleh aktivis Karawang berinisial “AA” yang beberapa hari lalu menyuruh Awandi Siroj untuk berkomentar dalam mengkanter isu berita di BaskomNews.com.

Persoalan BaskomNews.com adalah fokus kepada investigasi kasus berita pengurugan lahan produktif bertanian yang diduga melibatkan oknum Sekdis OPD Karawang dan oknum aktivis Karawang.

2. Bentuk upaya dugaan “adu domba” BaskomNews.com dengan LMP Karawang, yang diduga dilakukan aktivis Karawang berinisial “AA” dan beberapa pihak lainnya, kami anggap hanya sebagai “dinamika” seorang jurnalis di dalam upaya investigasi mencari kebenaran sebuah isu berita pada sebuah kasus, yang dalam hal ini “dugaan kongkalingkong oknum Sekdis OPD dengan oknum aktivis Karawang dalam proyek pengarugan tanah dan kepengurusan izin”.

3. Manajemen, Kuasa Hukum dan Tim Redaksi BaskomNews.com siap melakukan klarifikasi kepada Dewan Pers (bukan kepada LMP Karawang), terkait laporan ke Dewan Pers dari LBH Laskar Merah Putih Karawang yang “menuduh” BasmkomNews.com telah melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik.

4. Tim Redaksi BaskomNews.com tetap akan fokus melakukan investigasi berita dalam persoalan ini. Karena berdasarkan keterangan dari narasumber Asep Agustian SH, MH, dugaan kuat sudah mengalir sejumlah uang yang disebar oleh oknum aktivis Karawang “AK” untuk dibagikan ke beberapa pihak, dengan tujuan jangan terlibat dalam persoalan ini.

Demikian pres rilis Tim Redaksi BaskomNews.com ini dibuat, untuk diketahui oleh Dewan Pers dan semua publik. Dan press rilis berita ini juga telah dikirim kepada beberapa redakasi media online di Karawang yang memuat berita dengan judul: Dinilai Langgar Kode Etik Jurnalistik LBH LMP Karawang Laporkan Media Online Lokal Ke Dewan Pers.

ADE KOSASIH, SE

Pimred BaskomNews.com

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: