Rabu, September 26th, 2018

Lapas Kelas II A Warungbambu Karawang Upayakan Pelayanan Maksimal Bagi Warga Binaan

Oleh: Saut M Sianipar SH

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Upaya untuk memberikan pelayanan prima bagi warga binaan yang ada di lapas kelas II A Warungbambu menjadi prioritas utama bagi para petugas Lapas Warungbambu Karawang.

Lapas Kelas II A Warungbambu Karawang tampak dari depan

Hal itu dikatakan Kepala Lapas Kelas II A warungbambu Karawang melalui KPLP, Gowim Mahali, saat ditemui tintabiru.com di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Dengan segala kemampuan yang ada kami berupaya memaksimalkan pelayanan kepada para penghuni lapas, meski saat ini jumlah warga binaan yang menjadi penghuni lapas disini ada sekitar 1.190 narapida. Kapasitas lapas kelas II A Warungbambu seyogyanya hanya diperuntukkan bagi 590 orang warga binaan saja, sehingga  pada dasarnya lapas ini sudah overload, “kata Gowim Mahali.

Gowim Mahali, KPLP Lapas Kelas II A Warungbambu Karawang

Meski begitu,  ujar Gowim, pihaknya merasa bersyukur dengan adanya tambahan petugas lapas yang awalnya hanya 87 petugas menjadi 147 orang petugas lapas.

“Alhamdulillah, saat ini petugas lapas Kelas II A Warungbambu Karawang seluruhnya ada 147 orang dari semula yang hanya ada 87 orang petugas saja, “tambahnya.

Lahan sawah seluas 2 hektar milik lapas Kelas II A Warungbambu Karawang yang digunakan untuk pelatihan pertanian para warga binaan

Gowim juga membantah adanya kabar jika di lapas Kelas II A Warungbambu Karawang banyak terjadi praktek pungli.

“Itu tidak benar!! Para petugas lapas disini telah diwanti-wanti dan di pertegas untuk tidak melakukan pungli atau meminta uang kepada pihak yang akan menjeguk keluarganya. Jika misalnya pungli itu dilakukan oleh warga binaan yang ada di dalam lapas maka kami akan melakukan tindakan tegas kepada mereka, karena hal itu telah menyalahi aturan yang ada, “tegasnya.

Warga binaan tengah diajarkan cara bercocok tanam palawija

Dijelaskan, lembaga pemasyarakatan adalah tempat yang ikut berperan aktif dalam menyampaikan hal-hal bermanfaat kepada warga binaannya. Kegiatan bermanfaat yang ditularkan kepada warga binaan yang ada di dalam lapas Kelas II A warungbambu Karawang diantaranya adalah: kegiatan keagamaan, olahraga, penyaluran minat dan bakat dan lainnya.

Pembelajaran ternak domba bagi warga binaan yang memiliki minat dalam bidang peternakan

“Para penghuni lapas disini wajib mengikuti beberapa kegiatan seperti kegiatan keagamaan, olahraga bersama, penyaluran minat dan bakat di bidang kreatifitas dan produktifitas seperti perkebunan dan peternakan. Waga binaan juga diajarkan ilmu pertanian. Dari 2 hektar lahan yang dimiliki lapas kelas II A Warungbambu Karawang telah sukses menghasilkan 2 jenis beras yakni beras putih dan beras merah yang berkualitas bagus. Pada event tertentu seperti event kedinasan atau lainnya lapas ini bisa menjadi lapas percontohan bagi lembaga pemasyarakatan lainnya yang ada di Indonesia, ”pungkasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Pilbup Bekasi 2017, Hanya 300 Warga Binaan Masuk DPT

Reporter: Fajar Sukma BEKASI – Dari 1.007 jumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Bekasi, …