SAKTI Desak BUMN Ikut Perbaiki Kerusakan Ruas Jalan Raya Cikalong-Cilamaya

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI) Kabupaten Karawang mendorong Pemkab Karawang untuk mendesak Perusahaan BUMN yang ikut andil menyebabkan terjadinya kerusakan jalan di sepanjang ruas jalan raya Cikalong – Cilamaya Karawang, untuk ikut memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Jalan Raya Cikalong- Cilamaya tampak rusak berat akibat kendaraan berat yang melintasi tidak sesuai dengan kelas jalan

Hal itu diungkapkan oleh Beno, sebagai bentuk akumulasi kekesalan atas kerusakan jalan yang selalu digunakan untuk arus mudik kedaraan roda 2 yang semakin parah dan masuk kategori mengkhawatirkan. Kerusakan jalan tersebut menyebabkan transportasi menjadi terhambat dan waktu tempuh yang semakin lama.

“Kerusakan ini tidak hanya menimbulkan kerugian, tapi sudah sangat mengancam keselamatan jiwa para pengguna kendaraan roda dua dan empat. Tingkat kerusakan jalan milik Pemkab Karawang dewasa ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan, ”kata Beno.

Penilaian Beno, bahwa terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya kerusakan, seperti curah hujan, kontur tanah yang relatif labil menjadi pemicu meluasnya kerusakan jalan, ditambah adanya dugaan kendaraan angkutan umum barang yang melintas dengan volume muatan tidak sesuai dengan kelas jalan, sehingga berimplikasi kepada pendeknya usia rata-rata jalan.

“Seharusnya perusahaan – perusahaan BUMN yang sering melintasi jalan raya Cikalong -Cilamaya sebagai akses trasportasi dalam mengangkut barang perusaahnya memiliki kepedulian terhadap kondisi kerusakan jalan raya Cikalong – Cilamaya.Selain itu mereka juga harus mematuhi ketentuan mengenai daya angkut dan kelas jalan yang dilalui. Daya  angkut harus berdasarkan jumlah berat  yang diizinkan dan atau jumlah berat kombinasi yang diizinkan. Artinya kelas jalan yang dilalui harus berdasarkan rambu kelas jalan, “tegas dia.

Beno mengkhawatirkan kondisi rusak berat jalan raya Cikalong – Cilamaya akan terus bertambah jika dilakukan pembiaran. Langkah antisipasi untuk meminimalisir meluasnya kerusakan jalan menurut dia harus segera dilakukan termasuk perbaikan jalan yang telah mengalami rusak berat.

Beno meminta Pemerintah Kabupaten Karawang untuk segera mengambil kebijakan strategis dengan cara mendesak perusahaan BUMN yang memiliki andil sebab terjadinya kerusakan jalan raya Cikalong – Cilamaya untuk turut serta terlibat dalam memperbaiki jalan tersebut. Perbaikan jalan yang rusak menurutnya harus segera dilakukan, jangan menunggu bertambahnya korban lakalantas. Jika itu terjadi, kata dia,  maka Pemkab Karawang telah lalai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: