Senin, Oktober 22nd, 2018

Jokowi Diprediksi Kalah Telak di Pilpres 2019 Begini Penjelasan Iwan Sumule

Oleh: Hasan Basri

JAKARTA, TINTABIRU.COM – Elektabilitas dan popularitas Presiden Joko Widodo terus menurun seiring dengan meningkatnya rasa ketidak percayaan masyarakat dengan kemampuan dan kinerjanya menuju Indonesia hebat.

Popularitas dan elektabilitas Presiden Jokowi terus menurun

Pada Pilpres 2014 silam, tingkat popularitas dan elektabilitas Jokowi sangat tinggi, hal itu bisa dimengerti karena masyarakat Indonesia masih penasaran dan menyimpan harapan besar kepada mantan Walikota Solo tersebut.

Namun, setelah 3 tahun memimpin kabinet kerja dan seiring tingkat kecerdasan masyarakat dalam menilai kinerja dan kemampuan Presiden yang diusung partai berlambang moncong putih itu kini elektabilitas dan popularitas  Joko Widodo menurun.

Hasil survei Median yang diumumkan Senin (16/4/18) kemarin, tingkat elektabilitas Presiden Jokowi hanya sebesar 36,2 persen saja menyusul banyaknya masyarakat yang kecewa dengan kinerjanya.

Angka yang diumumkan lembaga survei Median itu memperlihatkan bahwa peluang untuk mengalahkan Jokowi pada Pilpres 2019 sangatlah terbuka lebar.

“Jokowi akan kalah dalam Pilpres 2019 nanti. Hanya kecurangan yang bisa menyelamatkan Jokowi dari kekalahan telak. Saya haqqul yakin dengan masalah ini, “kata Direktur Indonesia Law Enforcement Watch (ILEW), Iwan Sumule, seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.co.

Menurutnya, adalah sebuah ironi jika elektabilitas yang hanya 36,2 persen itu tumbuh setelah Jokowi menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya dalam rangka mendulang simpati dan dukungan dari masyarakat.

“Jokowi telah melakukan banyak hal untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya. Dia juga telah berkeliling ke seluruh wilayah Indonesia untuk memperlihatkan bahwa dirinya begitu dekat dan diterima oleh rakyatnya. Namun hasilnya hanya 36,2 persen saja. Sementara, waktu yang tersisa hanya sedikit lagi, “paparnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

PBNU Sarankan Jokowi Tarik Dubes RI di Myanmar Jika Suu Kyi Tidak Serius Tangani Konflik

JAKARTA, TINTABIRU.COM – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj bersama …