Sabtu, Agustus 18th, 2018

Ketua IWO Lampung Minta Direktur Rakata Institut Cabut Pernyataan Yang Lukai Wartawan

Oleh: Hasan Basri

LAMPUNG, TINTABIRU.COM – Ikatan Wartawan Online (IWO) provinsi Lampung menyayangkan pernyataan Direktur Lembaga Survei Rakata Institut, Eko Kuswanto, dalam sebuah obrolan yang ditayangkan di jejaring sosial Facebook.

Ketua IWO Provinsi Lampung, Wawan Sumarwan

Dalam obrolan tersebut, Eko Kuswanto, selaku direktur Rakata Institut mengatakan hanya ada 7 media yang efektif dan memiliki integritas. Sementara wartawan diluar 7 media yang disebutkan dikatakannya tidak memiliki integritas, karena selalu menanyakan amplop jika diundang untuk meliput sebuah acara.

“Pernyataan Eko Kuswanto itu sangat jelas dan nyata melukai hati para wartawan sebagai para pencari berita. Dalam mencari berita para wartawan itu selalu berpedoman kepada UU Pers, tidak boleh meminta minta amplop kepada narasumber, ”kata Ketua IWO provinsi Lampung, Wawan Sumarwan.

Wawan menambahkan, pernyataan direktur Rakata Insitut itu terkesan bahwa, para wartawan di luar 7 media yang disebutkannya selalu berorientasi mencari amplop bukan mencari berita.

“Wartawan itu profesi bukan praktisi, “jelas Wawan.

Dengan melakukan pembatasan peliputan, terang Wawan, Rakata Institut telah jelas melakukan pelanggaran dan mengancam kemerdekaan pers.

“Harusnya direktur Rakata Institut tidak perlu mengungkapkan bahwa setiap diundang liputan, para wartawan selalu meminta amplop dan tidak menggunakan kata oknum, “katanya.

Dalam hal ini, Wawan mengartikan bahasa direktur Rakata Insitut bahwa semua wartawan yang bertugas di Lampung kelakuannya sama, yakni terkesan memeras atau wartawan amplop.

“Mestinya Rakata Institut menjalin kemitraan secara positif dengan media dan para wartawan dalam mempublikasikannya kepada masyarakat, “tambahnya.

Selaku Ketua Ikatan Wartawan Online Provinsi Lampung, Wawan Sumarwan mendesak agar direktur Rakata Institut segera mencabut pernyataannya.

“Kami mendesak agar direktur Rakata Institut segera mencabut pernyataannya yang mengatakan bahwa wartawan di luar 7 media yang disebutkannya selalu berorientasi amplop dan meminta maaf kepada para wartawan melalui publikasi, “pungkasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin