Ketua DPD Gibas Jaya Desak Pemda Karawang Ambil Alih Pengelolaan Pasar Cikampek I

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Konflik pengelolaan pasar Cikampek I sejak pertama dibangun hingga kini masih belum usai. Konflik tidak hanya terjadi di internal PT. Aditia Laksana Sejahtera (ALS). Namun konflik tersebut kini melebar dan merembet dengan PT. Celebes Natural Propertindo (CNP).

Sengketa pengelolaan Pasar Cikampek I antara PT. ALS dengan PT. CNP hingga kini masih belum inkracht di meja hijau

Sengketa yang terjadi antara PT. ALS dengan PT. CNP yang dibawa ke ranah hukum hingga saat ini masih berlanjut. Dalam putusan di tingkat pertama, putusan dimenangkan PT. ALS. Namun saat banding di tingkat Pengadilan Tinggi, Putusan itu dimenangkan oleh PT. CNP.

Setelah kalah di tingkat Pengadilan Tinggi, PT. ALS melanjutkan gugatan pengelolaan tersebut ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Ferry Alexi Dharmawan (Ketua DPD Gibas Jaya Karawang)

Sejak awal terjadinya sengketa antara PT. ALS dengan PT. CNP, Ferry Alexi Dharmawan yang merupakan Ketua DPD Gibas Jaya Karawang aktif memberikan pendampingan secara non litigasi.

“Konflik dua perusahaan yang berebut untuk menjadi pengelola pasar Cikampek I ini sangat rumit sekali. Skor perkara untuk keduanya adalah 1-1. Karena pada putusan di tingkat pertama, gugatan dimenangkan oleh PT. ALS. Namun setelah PT. CNP mengajukan banding di Pengadilan Tinggi, gugatan itu dimenangkan PT. CNP, “kata Ferry Alexi Dharmawan.

Dikatakan dia, jika kondisi yang terjadi seperti itu, maka lebih baik pengelolaan pasar Cikampek I distatus quokan.

“Karena persoalan ini masih dalam proses sengketa, maka sebaiknya distatus quokan saja. Artinya, kedua perusahaan tidak diperbolehkan untuk menjadi pengelola,  sehingga pengelolaannya harus diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, “tegasnya.

Dijelaskan dia, pengambil alihan pengelolaan pasar Cikampek I oleh Pemda Karawang sebelum adanya putusan inkracht di Mahkamah Agung, harus dilakukan pemerintah, agar Pemda Karawang bisa menjadi penengah dalam kasus sengketa tersebut.

“Jika Pemda Karawang tidak memiliki inisiatif untuk itu, maka DPD Gibas Jaya Kabupaten Karawang akan melayangkan surat kepada Komisi B DPRD setempat untuk segera menggelar audiensi. Kami juga akan mendesak DPRD untuk segera menstatus quokan pengelolaan pasar tersebut, “pungkasnya.(*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: