Jumat, Oktober 19th, 2018

Anak Putus Sekolah ini Mengeluh!! Slogan “Sekolah Negeri Atau Swasta Sama Saja” Ternyata Masih Pungut Bayaran

Oleh: Darsen Tajudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Slogan “Ayo Sekolah!! Negeri atau Swasta Sama Saja Dibiayai Pemerintah” ternyata tidak berlaku bagi anak bernama Samsul.

Anak lelaki berusia 13 tahun yang tinggal di Dusun Jatiboros Desa Kertajaya Kecamatan Jayakerta itu terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) lantaran harus berpacu dengan waktu mencari nafkah dengan cara berkeliling berjualan kerupuk ke berbagai pelosok Kampung dan Desa untuk membantu ekonomi kedua orang tuanya.

“Tiap hari saya berjualan kerupuk dengan cara keliling ke pelosok Kampung dan Desa untuk membantu orang tua, “kata Samsul saat berbincang dengan tintabiru.com di Pasar Rengasdengklok, Kamis (1/3/18) siang.

Meski Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang gencar melakukan sosialisasi bahwa “Sekolah Negeri atau Swasta Sama Saja” karena semuanya dibiayai oleh Pemerintah, namun Samsul mengaku bahwa setiap sekolah masih memungut bayaran dari para peserta didiknya.

“Saya lulus SDN Kertajaya II pada tahun 2017 kemarin. Saya terpaksa tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTP, karena kedua orang tua saya tidak memiliki biaya. Walapun katanya sekolah itu gratis tapi tetap harus bayaran, “ujarnya dengan nada polos.

Setiap pagi, Samsul menjajakan barang dagangannya hingga melintasi beberapa Kecamatan dari tempat tinggalnya. Sementara, ayahnya berjualan kue pancong dengan cara mangkal di depan rumahnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin