Rabu, Agustus 22nd, 2018

Harga Bawang Merah “Mahal” Padahal Petani Jual Dengan Harga “Murah”

Oleh: Topik Haryadi

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Mahalnya harga bawang merah yang beredar di pasaran tidak dinikmati oleh petani bawang merah itu sendiri. Harga bawang merah di berbagai pasar induk dan pasar lainnya mencapai sekitar Rp11 ribu hingga Rp20 ribu.

Harga bawang merah di pasaran mendadak naik

Wartawan tintabiru.com yang menghubungi salah satu petani bawang merah di Kabupaten Brebes, Karmin, (55) mengaku harga bawang merah di brebes  saat ini dikisaran Rp5 ribu hingga  Rp8 ribu per kilogramnya yang diterima oleh para pengepul.

“Harga yang diterima pengepul dari para petani bawang merah di kisaran Rp5 ribu hingga  Rp8 ribu per kilogram, tergantung besar kecilnya ukuran bawang. Walaupun tidak termasuk kategori panen raya, namun stok bawang merah cukup banyak mas, “kata Karmin.

H. Hasan (Pedagang sayur mayur di Pasar Baru Karawang)

Namun, harga bawang merah yang murah di tingkat pengepul menjadi tinggi saat berada di pasaran. Diketahu, harga bawang merah di Pasar Induk Cikopo berada di kisaran Rp 11 ribu hingga Rp17 ribu per kilogram. Sementara, harga itu berbeda dengan di Pasar Johar Karawangyang mencapai sekitar Rp14 ribu hingga Rp20 ribu rupiah, tergantung ukuran besar dan kecilnya bawang tersebut. Harga tersebut berlaku sejak 31 Januari 2017 hingga sekarang.

Salah satu agen sayuran di Pasar Baru Karawang, H. Hasan (69) memaparkan, saat ini harga bawang merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Harga bawang merah yang semula berada di kisaran Rp11 ribu hingga Rp14 ribu per kilogramnya saat ini pedagang di pasar Baru Karawang menjualnya dengan harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kilogramnya.

“Harganya naik mas, sebelumnya harga bawang merah disini dijual dikisaran Rp11 ribu hingga Rp14 ribu per kilogramnya , namun saat ini menjadi naik dikisaran Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kilogramnya, “ujar H. Hasan.

Selaku pedagang sayuran yang telah lama berjualan di Pasar Baru Karawang, H. Hasan mengaku baru saat ini mengetahui murahnya harga bawang di tingkat petani.

“Jika memang benar harga bawang di tingkat petani hanya Rp5 ribu hingga  Rp8 ribu per kilogram, menurut hemat saya harusnya harga di tingkat pedagang kecil tidak terlalu tinggi hingga mencapai Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram, “keluhnya.

Fenomena naiknya harga bawang merah ini, sambung dia, mungkin dikarenakan jelang tibanya hari raya imlek yang hanya tinggal 2 mingguan lagi. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Belum Lunasi Pembayaran Siswi SMAN I Rengasdengklok Terancam Tak Bisa Ikut UN

Oleh: Darsen Tajudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang siswi kelas XII SMAN 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang …