Sabtu, November 17th, 2018

Cemari Lingkungan Perumahan, Gudang Limbah B3 Milik Oknum Polisi Aman dari Pantauan Pemda Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Salah seorang oknum Polisi Polres Karawang diduga menjadi bandar limbah B3 yang diambil dari salah satu perusahaan otomotif yang berada di salah satu kawasan industri di Kabupaten Karawang.

Salah seorang kuli serabutan tengah mengayak limbah B3 padat milik salah seorang oknum anggota Polisi

Pengelolaan limbah B3 milik salah seorang oknum polisi berinisial B itu dilakukannya dengan tidak menerapkan sistem K3 sehingga para pekerja yang dibayar dengan harga murah itu terancam penyakit yang mematikan.

“Kami disini hanya bekerja sebagai kuli serabutan, dengan mengayak limbah yang didatangkan dari PT. Asama Indonesia, “kata seorang pekerja di gudang imbah B3 milik salah seorang Polisi, yang  terletak di Kampung Bengle Desa Bengle Kecamatan Majalaya.

Proses penghalusan limbah B3 padat dilakukan secara manual dengan melibatkan orang yang telah lanjut usia tanpa menggunakan peralatan safety

Dikatakan, pengelolaan limbah B3 itu dilakukannya di tengah  lahan yang berdekatan dengan perumahan padat penduduk sehingga sering menimbulkan banyak komplain dari masyarakat setempat, karena keberadaannya menimbulkan penyakit gatal dan gangguan pernafasan.

“Memang badan saya pun merasakan gatal-gatal dan sering mengalami gangguan pernafasan, “ujar Andi (50), salah seorang kuli ayak limbah B3 padat di tempat tersebut.

Andi mengaku, meski pekerjaan serabutan yang dilakukannya sangat berbahaya, namun upah yang diterimanya tidaklah berbanding lurus dengan resiko kesehatan yang suatu saat akan menimpanya.

“”Satu kilo dari imbah yang diayak ini hanya dibayar Rp 1000, “tuturnya.

Penulusuran tintabiru.com, meski pengelolaan limbah B3 padat milik oknum polisi itu telah berjalan belasan tahun dan tidak memenuhi standar pengelolaan, namun belum pernah  ada tindakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang  terkait standar pengelolaan limbah B3 dan banyaknya aduan dari masyarakat sekitar. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Parah!! Bawa 5 Paket Shabu di Lingkungan Polres Karawang Oknum Polisi ini Akhirnya Ditangkap Kasat Narkoba

Oleh: Dadang Aripudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang oknum anggota polisi bernama Asep Dedi (AD) yang …