Jumat, Oktober 19th, 2018

Untuk Mengetahui Respon Masyarakat Sekitar Terhadap Kegiatan Sosial Yang Digelar, Ini Yang Dilakukan PT. Pupuk Kujang Cikampek

Oleh: Riady Hidayat

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sebagai salah satu anggota holding BUMN PT. Pupuk Indonesia (Persero), PT. Pupuk Kujang Cikampek menggelar Survey Kepuasan Lingkungan (SKL) terhadap respon masyarakat sekitar dari beberapa kegiatan sosial yang digelar seperti kegiatan santunan Yatim – Piatu, sunatan massal, pembinaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT. Pupuk Kujang Cikampek selama tahun 2017.

Salah seorang Konsultan dari Universitas Singaperbangsa Karawang tengah menyampaikan arahan saat SKL yang digelar PT. Pupuk Kujang Cikampek

Survey Kegiatan Lingkungan (SKL) yang digelar merupakan salah satu implementasi dari program Good Corporate Governance (GCG) yang diterapkan secara konsisten oleh PT. Kujang Kujang Cikampek.

Dalam sambutannya, SVP Umum dan PKBL PT. Pupuk Indonesia, Yana Nurahmad mengatakan, pelaksanaan SKL dilakukan pada seluruh anggota holding untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap berbagai kegiatan sosial dan program lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan.

“SKL ini digelar bukan hanya di PT. Pupuk Kujang Cikampek saja, melainkan digelar di seluruh anggota holding PT. Pupuk Indonesia untuk mengukur sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap kegiatan sosial yang digelar perusahaan anggota holding, “kata Yana Nurahmad.

Sementara, Sekretaris PT. Pupuk Kujang Cikampek, Iyus Rusmana mengatakan, kegiatan SKL juga digelar dalam rangka evaluasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan perusahaan selama satu tahun.

Menurut Iyus, melalui program  SKL, perusahaan akan mengetahui apakah program PKBL dan CSR yang dijalankan masih perlu perbaikan, peningkatan atau sudah baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Tak hanya itu, kata Iyus, melalui SKL, perusahaan juga bisa mengetahui program apa yang tengah dibutuhkan masyarakat.

“Melalui program SKL ini, maka perusahaan akan bisa mengetahui program mana yang sedang dibutuhkan masyarakat sekitar perusahaan, “jelas Iyus.

Di tempat yang sama, Kabag Eksternal Komunikasi PT. Pupuk Kujang Cikampek, Igun menegaskan, SKL yang digelar dihadiri oleh sekitar 218 responden yang terdiri dari beberapa perwakilan mayarakat dari enam Desa yang ada di sekitar PT. Pupuk Kujang Cikampek.

Keenam Desa tersebut diantaranya adalah: Desa Dawuan Tengah, Dawuan Timur, Dawuan Barat, Kalihurip, Kamojing dan Cikampek Pusaka.

Pada kesempatan tersebut beberapa perwakilan dari anggota Holding PT. Pupuk Indonesia yang secara khusus ikut hadir antara lain: PT. Pusri, PT. Petrokimia Gresik, PT. Pupuk Kaltim dan PT. Rekayasa Industri serta para Kepala Desa dan tokoh masyarakat yang turut menyaksikan dan memantau berlangsungnya kegiatan SKL yang digelar PT. Pupuk Kujang Cikampek.

“SKL yang digelar sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni bekerjasama dengan Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai konsultan idependen. Sehingga hasil SKL ini diharapkan akan benar-benar obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga perusahaan bisa mendapatkan evaluasi dan rekomendasi yang mendalam menurut tinjauan akademis. Karena selama ini PT. Pupuk Kujang Cikampek telah memberikan bantuan kemitraan dan bina lingkungan kepada masyarakat sekitar melalui bantuan pendidikan, keagamaan, pelestarian alam, kesehatan, sarana umum dan bencana alam, “imbuhnya.

Igun menambahkan, bantuan yang diberikan PT. Pupuk Kujang Cikampek tak sebatas bantuan yang disebutkan diatas, namun bantuan yang diberikan juga dilakukan melalui program CSR dan Santunan Baitul Maal Pupuk Kujang (BMPK) melalui penyaluran zakat, infak dan shodaqoh dari para karyawan PT. Pupuk Kujang Cikampek. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Perang Turki VS Amerika di Depan Mata

ANKARA, TINTABIRU.COM, Perang yang terjadi di Syiria tampaknya akan segera bergeser ke bagian utara. Perang …