Minggu, Desember 16th, 2018

Kisruh Pengelolaan Pasar Cikampek I, Pemkab Karawang Menangkan Banding di Pengadilan Tinggi Jawa Barat

Oleh: Willyanto

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Dualisme pengelolaan pasar Cikampek I yang sempat membuat kisruh antara PT. Aditya Laksana Sejahtera (ALS) dengan PT. Celebes Natural Propertindo (CNP) dan Pemkab Karawang, akhirnya putus di meja hijau Pengadilan Tinggi Jawa Barat.

Dadang Heru SH, (Tim kuasa hukum PT. CNP)

Pada putusan banding yang diajukan ke Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Ketua Majelis Hakim akhirnya memenangkan Pemkab Karawang dan PT. CNP setelah keduanya membacakan eksepsi pada sidang putusan yang digelar pada hari Rabu (6/12/2017) kemarin.

Salah seorang perwakilan kuasa hukum PT. CNP sekaligus Manager PT. CNP, Dadang Heru SH, menuturkan, Pemkab Karawang beserta PT. CNP yang awalnya menjadi tergugat di Pengadilan Negeri Karawang kini menjadi para pembanding. Sementara PT. ALS yang semula menjadi penggugat, kini menjadi terbanding.

“Hasil putusan banding kami di Pengadilan Tinggi Jawa Barat adalah membatalkan putusan dari Pengadilan Negeri Karawang tertanggal 19 Desember 2016 dengan nomor 46/ Pdt.G/ 2016/ PN.Kwg yang dimohonkan banding tersebut, “kata Dadang Heru kepada sejumlah wartawan pada Jumat (8/12/2017) kemarin.

Ditegaskan, Pengadilan Tinggi Jawa Barat akhirnya mengabulkan permohonan eksepsi tergugat I untuk seluruhnya.

“Dalam isi pembacaan eksepsi yang juga putusan Pengadilan Tinggi Jawa Barat menyatakan bahwa perjanjian kerjasama dengan nomor 073/ 4445/ Pemb/ Nomor : 01-PKS/ ALS-PK/ XII/ 09, antara tergugat I (Pemkab Karawang) dengan penggugat PT. ALS, telah diputus dan sudah tidak memiliki kekuatan hukum lagi, “ujarnya.

Heru menambahkan, Pengadilan Tinggi Jawa Barat menyatakan bahwa, PT. ALS telah melakukan Wan Prestasi terhadap perjanjian kerjasama yang telah disepakati dalam bentuk ketidak sanggupan dalam melakukan pembayaran retribusi sebesar Rp700 juta setiap tahunnya dengan kurun waktu selama empat tahun terakhir.

“Pengadilan Tinggi Jawa Barat juga menyatakan bahwa perjanjian kerjasama antara tergugat I (Pemkab Karawang) dan tergugat II (PT. CNP) telah sah secara hukum dan mempunyai kekuatan hukum tetap sehingga kini sepenuhnya dapat melakukan pengelolaan pasar Cikampek I dengan dasar kekuatan hukum tersebut, “pungkas Heru. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Panwascam Cikampek Pertanyakan Keberadaan Mobil Plat Merah di Acara “Prabowo Menyapa Warga Jawa Barat”

Oleh: Dadang Aripudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikampek, Sabtu (31/3/18) pagi …