Peringatan Hari Guru Nasional 2017, Bupati Karawang: “Guru Adalah Aktor Penting Bagi Pendidikan Berbasis Karakter”

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Ribuan guru se Kabupaten Karawang, Senin (27/11/17) pagi memadati lapangan Karangpawitan untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2017.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana mengatakan, guru merupakan aktor penting dan memiliki peranan strategis dalam implementasi penguatan pendidikan berbasis karakter.

Ribuan guru memadati lapangan Karangpawitan Karawang pada HGN 2017

“Guru adalah salah satu aktor penting dalam pendidikan nasional dan memiliki peranan strategis dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Hal ini selaras dengan semangat Nawacita, “kata Cellica Nurrachadiana dalam sambutannya, membacakan amanat yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendi.

Bupati Cellica Nurrachadiana menambahkan, guru merupakan sosok utama dalam satuan pendidikan formal dan memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olahraga.

Sambil mengangkat piala, para guru berprestasi di Kabupaten Karawang berphoto ria

Menurut Cellica, momentum hari guru nasional hendaknya dijadikan sebagai refleksi tentang profesionalisme guru, apresiasi kepada guru, serta beragam kebijakan yang bermuara pada upaya mengembalikan kemuliaan dan martabat guru serta kesejahteraan para pendidik bangsa.

“Profesi guru adalah profesi mulia dan terhormat. Menjadi guru merupakan pekerjaan khusus yang dilaksanakan dengan panggilan jiwa, panggilan hidup untuk mengabdi secara tulus demi kemajuan anak bangsa, “tambahnya, dalam sambutannya membacakan, naskah dari Mendikbud RI.

Upacara peringatan hari guru nasional ke-72 dipadukan dengan HUT PGRI tingkat Kabupaten Karawang, dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadina, Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari, Muspida  Karawang, Kepala Perangkat Daerah, dan Guru Pendidik Se- Kabupaten Karawang.

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994, yang dikuatkan dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Usai upacara peringatan hari guru nasional tahun 2017, Bupati beserta Wakil Bupati Karawang bersama dengan para Muspida menyerahkan penghargaan kepada para guru berprestasi dan para juara pada perlombaan yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin