Ini Kata Brigjen Pol Rikwanto Soal Keributan di Rutan Mako Brimob

JAKARTA– Pasca terjadinya keributan di Rutan Teroris Korps Brimob Cabang Rutan Salemba, Jumat (10/11/17) sore sekitar pukul 16.00 WIB, Karopenmas Polri Brigjen Rikwanto langsung menyampaikan keterangan tertulisnya.

Menurut Brigjen Rikwanto, setelah shalat Jumat, para tahanan dimasukan kedalam sel masing-masing. Setelah masuk sel, piket Densus kemudian melepas kunci yang ada di kamar A5 dan C5 (RB) karena ada selotan kunci dari dalam.

“Demi keamanan dan memudahkan petugas piket membuka pintu sel, “kata Rikwanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/17).

Sambil melaksanakan giat tersebut, sambung Rikwanto, piket Densus kemudian melaksanakan penggeledahan di kamar tahanan. Saat penggeledahan dilakukan, petugas menemukan ponsel sebanyak empat buah. Ponsel tersebut adalah milik Juhanda, Saulihun, Kairul Anam dan Jumali.

Karena kegiatan pemeriksaan tersebut, salah satu tahanan ada yang merasa tidak terima dan memancing petugas dengan ucapan macam-macam.

“Kemudian anggota ada yang terpancing dengan ucapan meraka, dan ada tahanan yang bertakbir keras-keras sehingga memancing tahanan blok sebelahnya, “jelas Rikwanto.

Anggota piket pun melakukan tindakan dengan tembakan ke atas sebagai pertanda terjadinya keributan dan peringatan kepada para narapidana. Suasana keributan kemudian bisa dikendalikan oleh para anggota yang piket.

“Setelah itu anggota siaga di piketan sambil menunggu perkembangan. Namun para tahanan tetap masih ada yang terus menggemakan takbir sehingga memicu yang lain, ” lanjutnya.

Rikwanto mengatakan, saat ini, anggota Brimob masih berkoordinasi untuk membantu pengamanan rutan Salemba tersebut.

Akibat keributan yang terjadi, sejumlah fasilitas rutan mengalami kerusakan. Fasilitas yang rusak diantaranya pintu sel tahanan yang dijebol, pintu pagar lorong blok juga dijebol, kaca jendela blok B dan C. (far)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Pilbup Bekasi, 286 Tahanan Cikarang Ikut Nyoblos

Laporan: Fajar Sukma/Bekasi SEBANYAK 286 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi ikut nyoblos dalam Pilbup …