Dandim 0604 Karawang Tutup Program Bhakti Sosial Siliwangi Satata Sariksa

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya, Selasa (1/11/17) pagi menutup kegiatan Bhakti Sosial Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSSMSS) di lapangan Kampung Turis Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Karawang.

Bhakti Sosial Siliwangi Manunggal Satat Sariksa digelar selama 14 hari tepatnya dimulai dari 19 Oktober hingga 1 November 2017.

Dalam upacara yang digelar, selain dihadiri ratusan TNI dari Kodim 0604, upacara penutupan juga dihadiri unsur Forkomimda, Kementrian Agama, para Asisten Daerah Pemda Karawang, serta masyarakat sekitar yang ada di wilayah Kecamatan Tegalwaru.

“Selaku Komandan Kodim 0604 Karawang, kami menghaturkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak terkait dan masyarakat setempat yang telah dengan semangat bergotong royong sehingga pelaksanaan BSSMSS  dapat diselesaikan dengan optimal dan sesuai target yang telah diprogramkan, “kata Ayi Yosa dalam sambutannya.

Dikatakan, terdapat nilai utama yang perlu ditumbuh kembangkan dalam penyelenggaraan Bhakti Sosial Siliwangi Manunggal Satata Sariksa.

“Nilai utama dari kegiatan ini adalah terwujudnya ikatan kemanunggalan antara TNI dengan semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Desa Mekarbuana, “katanya.

Menurut Ayi Yosa, selain menjalin kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat, BSSMSS juga mampu memacu kreatifitas dan prakarsa masyarakat setempat dalam pembangunan, sehingga kemanunggalan tersebut melahirkan stabilitas keamanan daerah yang pada gilirannya menjadi pondasi dalam mewujudkan pembangunan dan pertahanan tangguh sebuah negara.

“Selain berupaya melestarikan nilai sejarah terutama nilai kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, TNI juga sangat mendukung terwujudnya pertahanan negara yang tangguh, sehingga TNI memilih program BSSMSS sebagai bentuk pengabdiannya kepada bangsa dan negara, “jelasnya.

Ayi Yosa menegaskan, kegiatan BSSMSS yang digelar mengarah kepada dua sasaran penting, yakni sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran fisik mengarah kepada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana serta fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar sehingga akan mampu mendorong meningkatnya pertumbuhan ekonomi rakyat.

Sementara, sambung dia, sasaran non fisik lebih mengarah kepada tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

“Berakhirnya program BSSMSS ini bukan berarti pekerjaan kita telah usai, akan tetapi selanjutnya kami mendorong kepada masyarakat untuk bisa melanjutkannya dengan kegiatan peningkatan, pemeliharaan dan pengembangan secara berkelanjutan yang pada gilirannya masyarakat akan mampu membangun desanya secara mandiri dan lebih meningkatkan  swadaya desanya masing-masing, “ungkapnya.

Upacara penutupan program BSSMSS diakhiri dengan kegiatan bazar murah, pengobatan gratis bagi masyarakat, pembagian sembako, pemberian bibit jahe, santunan kepada anak yatim piatu dan penyerahan bantuan dari Persit KCK XXXI kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Usai upacara penutupan, Komandan Kodim 0604 Karawang beserta para perwira TNI lainnya langsung melakukan  peninjauan ke lokasi BSSMSS. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Aster Kasad Tinjau Langsung TMMD di Karawang

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Widagdo …