Gelar Peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-89, ini Pesan Bupati Cellica Nurrachadiana Untuk Pemuda-Pemudi Karawang!!

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana Sabtu (28/10/17) pagi, memimpin langsung upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang digelar di lapangan Karangpawitan, jalan Ahmad Yani, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Karawang.

Dalam sambutannya, Bupati Cellica Nurrachadiana menyatakan, sumpah pemuda merupakan hasil Kongres pemuda kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Batavia, dari beberapa himpunan pemuda yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

“Peristiwa sumpah pemuda ini telah menjadi salah satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia, “kata Cellica.

Cellica menambahkan, kongres pemuda II merupakan kelanjutan dari kongres pertama yang berlangsung pada 30 April – 2 Mei 1926.

“Kongres ini melibatkan seluruh organisasi pemuda yang ada di Hindia Belanda saat itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan masih banyak lagi, “tambahnya.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang juga membacakan sambutan dan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi.

“Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia, stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kini saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yakni mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, “tandas Cellica dalam pembacaan amanah dari Menpora.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Cellica Nurrachadiana juga mengingatkan kepada pemuda dan pemudi Kabupaten Karawang, agar selalu ingat dengan teks sumpah pemuda yakni:

1. Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
3. Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Selain dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke – 89 tingkat Kabupaten Karawang tahun 2017, juga dihadiri Kapolres Karawang AKBP. Ade Ary Syam Indradi SH, S.iK, MH, Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Karawang serta para kepala OPD dan para pemuda pemudi yang ada di Kabupaten Karawang.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke – 89 tahun 2017 di Kabupaten Karawang melibatkan 1 pleton pasukan TNI dari Kodim 0604 Karawang, 1 pleton pasukan Dalmas dari Polres Karawang, 1 pleton pasukan dari satpol PP Karawang, 1 pleton dari anggota ormas pemuda pancamarga, 1 pleton anggota Linmas, 1 SST PNS Karawang, 1 SST anggota pramuka dan 1 SST dari pelajar yang ada di Kabupaten Karawang. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Tangkal Isme Komunis, Kodim 0604 Karawang Gelar Nobar Film G30S/PKI di Halaman Stadion Singaperbangsa

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Ribuan masyarakat kota Karawang antusias nonton bareng pemutaran film penghianatan …