Dispenda Jabar Cabang Karawang Gelar Operasi KTMDU 2017

Oleh: Saut Sianipar, SH

KARAWANG – Selama 3 hari berturut-turut, Dispenda Jabar Cabang Kabupaten Karawang menggelar operasi Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU) untuk tingkat Polres pada Senin-Rabu (16-18/10/17) kemarin dengan mengambil tempat di depan GOR Panatayuda Karawang.

Menurut kasie penerimaan dan penagihan dispenda karawang, H. Ayi Jaelani mengatakan, operasi yang digelar dikhususkan bagi kendaraan dengan plat nomor Karawang dengan tidak memandang plat nomor hitam ataupun plat merah.

“Semua sama saja, bagi yang menunggak pembayaran pajak kendaraan, maka wajib diselesaikan dengan samsat, dan untuk hal ini kami telah menyediakan kendaraan operasional samsat keliling, “kata Ayi Jaelani saat berbincang dengan tintabiru.com, pada hari terakhir digelarnya operasi tersebut.

Dikatakan dia, dari mulai digelarnya operasi tersebut hingga hari terakhir, pihaknya berharap akan mendapatkan income pajak dari para penunggak pajak kendraan, sehingga pendapatan pajak di Dispenda Karawang akan meningkat.

“Perlu diketahui, untuk hari pertama dari digelarnya operasi ini, yang bayar pajak ditempat mencapai Rp52 juta, untuk hari kedua mencapai Rp67 juta, sementara untuk hari ketiga ini diharapkan akan lebih meningkat lagi, ”ujar Ayi.

Ditambahkan dia, kesadaran masyarakat Kabupaten Karawang dalam membayar pajak kendaraan masih tergolong rendah. Menurutnya, dari sejumlah 850 ribu kendaraan yang ada di Kabupaten Karawang ada sekitar 320 ribu kendaraan (sekitar 35%) yang menunggak alias belum bayar pajak.

“Operasi ini digelar dalam rangka menumbuhkan kesadaran wajib pajak bagi masyarakat Kabupaten Karawang sekaligus mampu meminimalisir tunggakan pajak kendaraan, ”tambahnya.

Sementara, Kanit Patroli Lantas Polres Karawang, Ipda Anwarudin, SH mengatakan, operasi yang digelar melibatkan beberapa unsur terkait, seperti Denpom, Dishub, Dinas Pajak dan Jasa Raharja.

“Kami mengerahkan beberapa personil untuk operasi ini, dari Satlantas Polres Karawang ada sekitar 15 personil yang dilibatkan, sementara lainnya ada dari pihak Denpom, Dishub, Dinas Pajak, dan Jasa Raharja. Razia gabungan ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran para pengguna kendaraan agar taat pajak demi  kepentingan bersama, “ungkap Ipda Anwarudin.
Menurut Ipda Anwarudin,  dalam operasi yang digelar, para pengendara kendaraan bermotor harus bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraannya.

“Apabila tidak bisa menunjukan STNK, maka kendaraannya ditahan, sementara jika sebatas kelengkapan yang kurang, maka perlu menunjukkan surat-surat kendaraan. Melalui operasi ini kami berharap, masyarakat akan menjadi sadar dalam arti bahwa lalu lintas ini adalah untuk kepentingan bersama, ”pungkasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Menteri Agama Resmikan 7 Kantor Pelayanan Haji Satu Atap di Kemenag Karawang

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Senin (20/11/17) siang menandatangani peresmian …