Jumat, Oktober 19th, 2018

Diduga Langgar Kode Etik Jurnalistik, TV Berita Dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan Dewan Pers

Oleh: Hasan Basri

BEKASI, TINTABIRU.COM – Ketua Forum Komunikasi Keluarga Besar Kejaksaan, Andreas Indra widodo, menyatakan keberatan dengan beredarnya pemberitaan mengenai Meikarta yang dipublish oleh  tvberita.co.id yang diposting pada 2/10/17 perihal statement Sareh Wiyono, anggota Komisi II DPR RI  yang berasal dari Fraksi Gerindra.

Alasan keberatan itu kata dia, lantaran berubahnya tanggal statement wakil rakyat Senayan tersebut,  yang semula tertanggal 2/10/17, namun pada pukul 08:30 WIB berubah menjadi tanggal 25/9/17.

Andreas Indra widodo (Ketua Forum Komunikasi Keluarga Besar Kejaksaan)

“Setelah saya buka website tvberita.co.id, saya terkejut karena tanggalnya berubah yang semula tertanggal 2/10/17, namun saat pukul 08:30 WIB tanggalnya berubah menjadi 25/9/17. Ada maksud apa, dan ucapan siapa,  “kata Andreas dalam siaran persnya, Senin (2/10/17).

Andreas mengungkapkan, sebagai media online harusnya tvberita.co.id tidak menunda tayangan.

“Jangan-jangan ini hanya rekayasa TV Berita untuk membuat kisruh, “tandasnya.

Andreas juga menyayangkan jika tvberita.co.id  mengambil berita dari media lain namun tidak menuliskan sumbernya dengan cara melansir sumber media tersebut, sehingga bisa diketahui tulisan tersebut tidak diambil secara langsung dari nara sumbernya.

“Jika hal ini dilakukan, berarti yang bersangkutan telah melanggar Undang Undang Pers dan melanggar kode etik jurnalistik. Kami akan laporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya dan Dewan Pers, ”tegasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Undang-Undang Baru Batasi Kebebasan Pers, Wartawan Sudan Gelar Aksi Unjuk Rasa

SUDAN, TINTABIRU.COM – Komunitas wartawan Sudan memprotes rancangan undang-undang yang ditetapkan untuk membatasi pekerjaan mereka. Undang-undang …