Dirjen Otda Kemendagri Gelar Rapat Konsolidasi Pemprov Jabar dan Pemkab Bekasi Bahas Perijinan Meikarta

Oleh: Hasan Basri

JAKARTA– Persoalan mega proyek pembangunan Kota Baru Meikarta yang ada di Kabupaten Bekasi Jawa Barat, berada di antara peraturan dan kebutuhan akan hunian. Hal itu dikatakan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono, usai menggelar rapat konsolidasi tentang sinkronisasi antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Bekasi pada Kamis (28/9/17).

“Kebutuhanya memang pada investasi dan percepatan penyediaan perumahan (karena defisit 11 juta unit rumah), “ujar Soni, kepada sejumlah wartawan pada Kamis (28/9/17).

Di sisi lain, sambung Soni, Meikarta  tidak boleh melanggar aturan. Namun sejauh ini, kata dia, Meikarta telah mengantongi ijin lokasi dan IPPT. Bahkan menurutnya, hingga saat ini Lippo Group telah melakukan langkah-langkah untuk bisa mengantongi semua ijin yang dibutuhkan.

“Meikarta telah meminta rekomendasi kepada  Gubernur Jawa Barat. Meikarta sudah membuat ijin Amdal, namun semua permohonan perijinan itu masih menumpuk di meja Pemkab Bekasi, karena Pemkab bekasi masih menunggu rekomendasi dari Gubernur Jabar, ”tuturnya.

Rekomendasi dari Pemprov Jabar memang sangat dibutuhkan oleh Meikarta, mengingat Kabupaten Bekasi adalah kawasan Metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Yang menjadi persoalan adalah, Hingga saat ini Gubernur Jabar masih belum bisa memberikan rekomendasi, karena Gubernur sendiri masih belum memiliki Peraturan Gubernur  (Pergub) tentang hal itu.

“Jadi Pergubnya belum ada, sehingga rekomendasinya belum bisa dibuat, yang mengakibatkan perijinan yang lainnya juga mandek, ”papar dia.

Soni Sumarsono menegaskan, belum adanya Pergub yang mengatur tentang pengembangan kawasan hunian Kota Meikarta, harus menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami akan melakukan ricek ke Pemprov Jabar dan akan menayakan mengenai Pergub tentang pengembangan kawasan hunian Kota Meikarta yang  lambat dikeluarkan. Permasalahan ini menjadi bagian daripada problem yang akan kami selesaikan. Pada hari ini kami juga telah menggelar rapat untuk mengkonsolidasikan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemkab Bekasi, sehingga permasalahan mega proyek Meikarta bisa segera diselesaikan, “ucapnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Penyanyi Cilik Jebolan IR99 Production ini Mampu Menggoyang Jababeka

Oleh: Hasan Basri BEKASI – Puput (panggilan akrab Putri Rahardian), anak perempuan yang baru duduk di …