Senin, Oktober 22nd, 2018

Ini Tanggapan Anggota DPR RI Soal Helaran Budaya Yang Digelar Masyarakat Jatisari

Oleh: Dadang Aripudin

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Acara helaran budaya yang digelar Pemerintah Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang pada Minggu (23/9/17) siang dihadiri anggota Komisi II DPR RI dari fraksi Partai Demokrat, H. Hari Kartana.

Legislator asal Senayan kelahiran 21 April 1950 itu menyatakan dukungannya terhadap acara helaran budaya adat sunda yang menampilkan berbagai adat istiadat dan kesenian tradisional sunda.

“Saya pikir acara helaran budaya ini sangat luar biasa sekali dan sangat perlu untuk dilestarikan . Beberapa acara adat sunda seperti adat babarit yang ditampilkan para petani Desa Cirejag dalam mengolah pertaniannya merupakan adat istiadat yang sangat baik dimana kebiasaan ini merupakan warisan dari para leluhur kita dahulu, “kata Hari Kartana saat berbincang dengan tintabiru.com pada Minggu (23/9/17) siang di lokasi acara.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII ini, yang wilayahnya meliputi Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta, mengajak masyarakat Kecamatan Jatisari untuk terus memelihara dan melestarikan kearifan lokal yang ada di daerahnya masing-masing.

“Helaran budaya ini merupakan kekayaan dari kearifan lokal yang dimiliki suatu daerah, dan ini termasuk bidang saya selaku anggota komisi II di Senayan, Karena bidang kebudayaan masuk dalam bahasan kami di komisi II DPR RI, “ucap Hari.

Lulusan S3 dari Industry Psychology dan Community Development, Calamus University, London Inggris itu menyatakan apresiasinya kepada Pemerintah Desa Cirejag, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, karena telah mampu melestarikan kebudayaan asli daerahnya.

“Saya menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada Pemerintah Desa Cirejag, karena secara konsisten telah mampu merawat dan menjaga kearifan lokal yang ada dengan cara menggelar helaran budaya asli daerah pada setiap tahunnya, “tegas dia.

Hari Kartana berharap, setiap Pemerintahan Desa yang ada di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, bisa menggelar acara helaran budaya setiap setahun sekali seperti yang dilakukan Pemerintahan Desa Cirejag, dalam rangka merawat dan melestarikan kearifan lokal yang dimilikinya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Pererat Silaturahmi “Koboi Senayan Partai Demokrat” Gelar Bukber Bareng Pengurus Kecamatan

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Anggota DPR RI dari fraksi partai Demokrat, H. Hari Kartana, …