Kejari Karawang Tahan Aking Saputra, Tersangka Penista Agama

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Kejaksaan Negeri Kabupaten Karawang,  Selasa (19/9/17) sore, resmi melakukan penahanan terhadap tersangka penistaan agama, Aking Saputra.

Aking Saputra saat diruangan penyidik Kejari Karawang

Sebelum ditahan, Direktur PT. Tatar Kertabumi itu terlebih dahulu diverifikasi selama 5 jam oleh Kejari Karawang sejak pukul  14:00 WIB hingga 19.00 WIB.

“Kita mendata terlebih dahulu dengan cara menanyakan identitas tersangka dan menanyakan kepada tersangka apakah yang diperbuatnya (menghina agama islam-red)  dilakukan dalam keadaan sehat dan sadar. Ternayata si tersangka juga mengakui dan mengerti dalam setiap pasalnya, “kata Kajari Karawang, Sukardi, kepada sejumlah wartawan, Selasa (19/9/17) malam.

Tersangka Aking Saputra saat digiring menuju mobil tahanan Kejari untuk selanjutnya dibawa menuju Lapas Warungbambu

Dengan mengenakan pakaian putih dan rompi biru, orang nomor 1 di PT. Agung Podomoro Land Karawang itu kemudian digiring petugas kejaksaan dari ruangan pemeriksaan menuju mobil tahanan Kejari untuk selanjutnya dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Warungbambu, Karawang.

Pemilik beberapa lembaga pendidikan dari mulai SD hingga Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Karawang itu akan dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 45 A Ayat 2 jo Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI No 11/ 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) jo Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Kajari Karawang (Sukardi) saat menjelaskan penahanan Aking Saputra kepada sejumlah wartawan

“Primernya adalah pasal 156 huruf a KUHP jo pasal 64 Ayat 1 KUHP dan subsider pasal 156 KUHP jo pasal 64 Ayat 1 KUHP. Pasal ini sudah cukup untuk menahan Aking Saputra. Untuk selanjutnya kita lihat saja nanti di Pengadilan, “tegas Sukardi. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Hari ini Polisi Akan Periksa Aking Saputra, Pelaku Penistaan Agama di Karawang

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Pelaku penistaan Agama dan dunia Pendidikan di Kabupaten Karawang, Aking …