Pernyataan Wagub Jabar Soal Pembangunan Kota Meikarta Dinilai Tak Berdasar dan Hambat Investasi

Oleh: Hasan Basri

BEKASI– Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Daerah (Lambada) Kabupaten Bekasi, Wira Andika SH mengungkapkan, pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar,  tak mendasar terkait  belum adanya ijin proyek hunian vertikal Meikarta yang ada di Kabupaten Bekasi.

Wira Andika menjelaskan, sesuai dengan undang-undang No 20 Tahun 2011, Pasal 42 ayat (2) huruf a,b,c,d undang-undang tentang rumah susun, pelaku pembangunan yang melakukan pemasaran rumah susun (apartemen), sebelum dilakukan pembangunan harus memiliki kepastian peruntukkan ruang, kepastian hak atas tanah, kepastian status penguasaan rumah susun, perijinan pembangunan rumah susun. Menurut Wira, semua itu telah dipenuhi oleh Meikarta  selaku anak perusahaan dari Lippo Group tersebut.

Pembangunan Kota Meikarta di Cikarang Kabupaten Bekasi

Dijelaskan Wira, dalam berbagai kesempatan, Tjhajo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri telah mewanti-wanti Pemerintah Daerah agar mempermudah masuknya investasi dari pihak swasta, termasuk dalam hal ini adalah pembangunan kota Meikarta yang berada di Cikarang Kabupaten Bekasi.

“Kebijakan Pemerintah Daerah tidak boleh menghambat investasi pihak swasta, “kata Tjahjo Kumolo pada salah satu kesempatan ketika mengisi acara di Tangerang Selatan.

Wira Andika, SH (Ketua Lambada Kabupaten Bekasi)

Menurut Tjahjo Kumolo, Sebagai ibukota negara, Jakarta akan lebih maju jika mendapat dukungan dari Kabupaten dan Kota penyangga seperti Karawang, Bekasi, Depok dan Bogor.

Ditandaskan dia, otorisasi pemberian ijin memang berada ditangan Kepala Daerah seperti Bupati dan Walikota, karena kedua Kepala Daerah tersebut lebih mengetahui masalah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di daerahnya.

“Jika Bupati telah memberikan ijin proyek pembangunan kota Meikarta, kenapa Wakil Gubernur Jawa Barat malah melarangnya. Sementara Peraturan Gubernurnya saja belum ada. Peraturan Daerah harus menyesuaikan jangan sampai menghambat, “tegas Mendagri Thajo Kumolo. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Penyanyi Cilik Jebolan IR99 Production ini Mampu Menggoyang Jababeka

Oleh: Hasan Basri BEKASI – Puput (panggilan akrab Putri Rahardian), anak perempuan yang baru duduk di …