Dalai Lama: Stop Kekerasan Terhadap Umat Islam!!

INDIA – Di dalam berbagai kesempatan, pemimpin tertinggi spiritual Tibet Dalai Lama mengungkapkan kesedihannya atas kekerasan yang terjadi terhadap etnis Muslim Rohingya hingga menyatakan bahwa Sang Buddha akan menyelamatkan umat Muslim Rohingya dari penderitaannya.

“Mereka harus ingat (Para Bhiksu di Myanmar-red), Sang Buddha pasti akan membantu orang-orang Muslim yang malang dalam keadaan seperti itu. Saya merasa ini sangat menyedihkan, “kata Dalai Lama di depan sejumlah wartawan seperti dilansir merdeka.com yang dikutip dari laman CNN, Senin (11/9/17) kemarin.

Selain menyatakan keprihatinan dan dukungannya, Dalai Lama juga menyerukan agar pemerintah Myanmar mengikuti ajaran Buddha agar menghentikan penderitaan warga Muslim Rohingya.

“Myanmar harus mengikuti teladan Sang Buddha dan memberi bantuan terhadap warga minoritas Muslim Rohingya yang dianiaya di negara tersebut, “serunya.

Pada tahun 2015 lalu, di hari ulang tahunnya ke-79, Dalai Lama menyerukan seluruh umat Buddha di Myanmar dan Sri Lanka untuk menghentikan kekerasan terhadap umat Islam.

Dalai Lama menyampaikan pesannya itu di hadapan puluhan ribu umat Buddha, termasuk aktor terkenal Hollywood Richard Gere.

“Saya menyerukan kepada umat Buddha di Myanmar, Sri Lanka, membayangkan wajah Buddha sebelum mereka berbuat kejahatan. Buddha mengajarkan cinta dan kasih sayang. Jika Buddha ada di sana, dia akan melindungi muslim dari serangan umat Buddha, “kata dia di tempat pengasingannya, Kota Leh, India.

Setahun sebelumnya, Dalai Lama juga menyerukan para Bhiksu di Myanmar agar memperlakukan umat Islam di negeri itu dengan baik sesuai ajaran Buddha. Dalai Lama meminta kepada Aung San Suu Kyi untuk melindungi hak etnis Muslim  Rohingya.

“Wahai para Bhiksu Myanmar, saya mohon, saat kalian marah kepada saudara muslim, ingatlah ajaran Buddha, “kata pemimpin umat Buddha itu dalam jumpa persnya usai acara konferensi hak asasi di Ibu Kota Praha, Republik Ceko.

“Saya yakin umat Buddha akan melindungi saudara muslim laki-laki dan perempuan yang menjadi korban, “pungkas dia. (sa)

 

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar Ricuh

JAKARTA – Aksi solidaritas untuk muslim Rohingya yang digelar di depan Kedutaan Besar Myanmar, Rabu …