Minggu, September 24th, 2017

Majelis Buddhayana Indonesia Sumatera Utara: “Ashin Wirathu Bukan Bagian dari Umat Buddha”

MEDAN –  Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Sumatera Utara, Eddy Sujono Setiawan menyebut, Biksu “Ashin Wirathu” bukanlah bagian dari umat Buddha.

Pernyataan Eddy Sujono Setiawan itu disampaikan di depan ribuan umat muslim yang menggelar aksi solidaritas di depan Vihara Borobudur, Jl. Imam Bonjol, Medan, pada Jum’at (8/9/17).

“Ashin Wirathu bukanlah bagian dari umat Buddha. Dalam ajaran Buddha diajarkan untuk saling mengasihi, “kata Eddy Sujono Setiawan dari atas mobil komando, seperti dilansir republika.co.id.

Dikatakan dia, umat Buddha di Sumatera Utara prihatin dan turut berduka dengan kekerasan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. Pada kesempatan tersebut, Eddy Sujono Setiawan membacakan “Deklarasi Antarlintas Agama” dan mengutuk keras tindakan militer Myanmar yang telah melakukan pembantaian terhadap masyarakat muslim Rohingya.

“Kami sepakat apa yang dilakukan militer Myanmar adalah tindakan biadab, “tegas Edi.

Aksi yang digelar ribuan massa umat Islam di Medan itu dihadiri para tokoh lintas agama. Dalam kesempatan tersebut para tokoh lintas agama mendeklarasikan pembentukan Panitia Peduli Muslim Rohingya. Panitia ini bekerja dengan mendesak pemerintah melakukan upaya untuk mendorong penyelesaian konflik di Myanmar.

Selain diisi dengan orasi, massa aksi yang mengikuti aksi peduli Muslim Rohingya juga menggelar shalat ‘Ashar berjamaah di badan jalan. Dalam shalat tersebut para jamaah membacakan Qunut Nazilah untuk muslim Rohingya. (Syul)

About admin

Check Also

Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar Ricuh

JAKARTA – Aksi solidaritas untuk muslim Rohingya yang digelar di depan Kedutaan Besar Myanmar, Rabu …

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.