Minggu, September 24th, 2017

Emine Erdogan Kunjungi Pengungsi Rohingya

ARAKAN – Emine Erdogan, isteri dari Presiden Turki Recep Thayip Erdogan, Rabu (6/9/17) menemui pengungsi muslim Rohingya di Bangladesh.

“Hari ini, Rabu (6/9/2017) Emine Erdogan akan berkunjung ke Bangladesh. Emine erdogan akan bertemu dengan saudara Muslim kami yang melarikan diri dari penindasan di Arakan atau negara bagian Rakhine, ”kata Wakil Perdana Menteri Hakan Cavusoglu, seperti dilansir eramuslim.com yang dikutip dari ATV Turki, pada Rabu (6/9/2017).

Cavusoglu mencatat bahwa Presiden Erdogan, yang juga merupakan presiden dari Organisasi Kerjasama negara – negara Islam (OKI), telah membahas masalah Rohingya dengan beberapa pemimpin negara Muslim untuk mencari solusi terhadap krisis yang dialami masyarakat muslim Rohingya.

“Masyarakat Muslim Rohingya telah berlindung di Bangladesh setelah mereka melarikan diri dari penganiayaan di wilayah Rohingya, negara bagian rakhine, ”ujar Cavusoglu.

Sementara, pihak pemerintah Myanmar telah mengijinkan Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) untuk mendistribusikan 1000 ton bantuan kepada Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine, pada Selasa (5/9/17).

Ijin tersebut keluar beberapa jam pasca Presiden Recep Tayyip Erdogan menghubungi Aung San Suu Kyi via sambungan cellular.

Cavusoglu menjelaskan, bantuan dari pemerintah Turki akan didistribusikan melalui helikopter ke daerah-daerah yang ada di negara bagian Rakhine.

“Helikopter akan mendarat di darat, dan bantuan akan distribusikan melalui jalur darat, ”ucapnya.

Cavusoglu menambahkan bahwa TIKA memiliki dua kantor koordinasi di wilayah tersebut dan dua pejabatnya akan melakukan perjalanan ke sana dengan helikopter untuk memantau proses pendistribusian.

“Kami akan mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok untuk 100.000 Kepala Keluarga, ”tuturnya.

Kebutuhan pokok darurat yang akan disediakan menurut Cavusoglu, adalah untuk kebutuhan saat ini. Selain itu menurut dia, TIKA juga sedang menggelar diskusi dengan pihak berwenang.

“Kami akan melanjutkan kerjasama kami untuk memasok obat-obatan dan kebutuhan vital yang serupa, ”tambahnya.

Cavusoglu juga menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan mungkin sudah mulai didistribusikan di wilayah tersebut. Menurutnya, pemerintah Turki akan berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada muslim Rohingya.

“Turki tidak hanya memberikan bantuan persediaan makanan atau kebutuhan pokok lainnya, namun dari hasil diplomasi, masalah lainnya juga akan dipecahkan di wilayah ini, karena ini akan menjadi awal dari penyelesaian politik, ”tandasnya. (red)

About admin

Check Also

Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar Ricuh

JAKARTA – Aksi solidaritas untuk muslim Rohingya yang digelar di depan Kedutaan Besar Myanmar, Rabu …

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.