Kapolres Karawang Temui Tokoh Lintas Agama

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Kepala Kepolsian Resort Karawang, AKBP. Ade Ary Syam Indradi, Selasa (5/8/17) siang menemui ketua MUI Kabupaten Karawang, K.H. tajudin Noer,  di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karawang, Jalan Ahmad Yani, Komplek Islamic Centre Karawang.

Dalam kunjungannya ke Kantor MUI Kabupaten Karawang, Kapolres Ade Ary Syam Indradi meminta peran ulama untuk ikut aktif dalam membina akhlaq generasi muda, demi meminimalisir terjadinya tawuran yang kerap terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Karawang.

“Kami miris melihat ada sebuah Desa di Kabupaten Karawang yang penduduknya sering terlibat tawuran antar kampung, padahal mereka tinggal dalam satu Desa. Sementara tawuran antar kampung itu terjadi sejak tahun 1998, “kata Ade Ary Syam Indradi dalam perbincangannya dengan ketua MUI Karawang, K.H. Tajudin Noer.

Dalam perbincangannya dengan ketua MUI Kabupaten Karawang, Kapolres juga berinisiatif akan menggelar pertemuan antar tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten Karawang, dalam rangka mewujudkan situasi Kabupaten Karawang yang aman dan kondusif.

“Kami akan meminta kepada Bupati Cellica Nurrachadiana untuk mengumpulkan para pengurus DKM se Kabupaten Karawang, para tokoh agama Katolik, Kristen, Budha, Konghucu dan Hindu untuk duduk bersama menciptakan kedamaian, karena para tokoh agama adalah para penyampai pesan kepada masyarakat, “tutur Kapolres.

Selain menyinggung masalah pembinaan akhlaq, Kapolres juga menyatakan pihaknya memiliki program dalam rangka menangkal faham radikalisme dan intoleransi yang dikhawatirkan akan tumbuh dan berkembang di Kabupaten Karawang.

“Kegiatan temu tokoh antar umat beragama yang akan digelar nanti juga dalam rangka menangkal faham radikalisme dan intoleransi. Faham radikalisme adalah faham yang memaksakan kehendak, merasa paling benar sendiri, sehingga pada akhirnya akan main hakim sendiri, ini adalah suatu hal yang tidak baik. Sementara Intoleransi adalah adalah faham yang tidak bisa menerima perbedaan, baik perbedaan agama, suku, kebudayaan dan lainnya. Orang yang tidak menerima perbedaan harus angkat kaki dari bumi Karawang, “tegas Kapolres.

Usai menggelar silaturahmi dengan Ketua MUI Kabupaten Karawang, Kapolres Ade Ary syam Indradi kemudian langsung menggelar pertemuan dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di salah satu tempat di sekitaran jalan raya Galuh Mas Karawang. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Majelis Buddhayana Indonesia Sumatera Utara: “Ashin Wirathu Bukan Bagian dari Umat Buddha”

MEDAN –  Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Sumatera Utara, Eddy Sujono Setiawan menyebut, Biksu “Ashin …