Ketua Komisi C Minta Bupati Purwasuka Duduk Bersama Tangani Pembuangan Limbah di Bendungan Barugbug

Oleh: Dadang Aripudin

KARAWANG – Para petani dan aparat Desa Barugbug Kecamatan Jatisari kembali mengeluhkan limbah pabrik yang mengalir ke bendungan Barugbug dengan kondisi air yang hitam pekat dan berbusa serta mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Entah dari mana limbah pabrik itu berasal, yang jelas dengan kondisi air yang hitam pekat dan mengeluarkan bau yang tidak sedap sangat mengganggu kehidupan masyarakat setempat.

Air sungai di bendungan Barugbug kembali menghitam

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Karawang, Elievia Krissiana, mengecam perusahaan yang sengaja membuang limbah ke aliran sungai tersebut sehingga berdampak serius terhadap masyarakat sekitar.

“Kami prihatin sekali dengan kondisi seperti ini, sehingga banyak warga yang mengeluhkan dan mengadukan permasalahan tersebut kepada kami. Kami yakin pembuangan limbah ini dilakukan oleh perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta dan Subang, “kata Elievia Krissiana, saat ditemui tintabiru.com di ruang kerjanya pada Selasa (29/8/17) sore.

Elievia Krissiana, Ketua Komisi C DPRD Karawang

Politisi perempuan asal partai berlambang moncong putih itu mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang untuk mencari solusi terbaik agar warga yang yang berada di sekitaran wilayah Desa Barugbug, Situdam, Jatisari, Cirejag dan Desa Kalijati tidak terkena dampak dari pembuangan limbah yang dilakukan secara sembarangan tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang untuk mencari solusi dan Penanganannya agar warga sekitar tidak terganggu oleh bau limbah yang dibuang ke aliran sungai Cilamaya tersebut, “tutur Elievia.

Atas dasar pencemaran lingkungan yang berdampak terhadap tergganggunya kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten Karawang tersebut, Elievia berencana akan mengundang tiga orang Kepala Daerah yang ada di wilayah Purwasuka untuk duduk bersama membicarakan masalah pembuangan limbah ke aliran sungai Cilamaya itu.

“Kedepan, Kami ingin Bupati Purwakarta, Subang dan Karawang bisa duduk bersama untuk membahas mengenai pencemaran limbah yang dibuang ke aliran sungai Cilamaya ini, “katanya.

Elievia berharap selekasnya Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, bisa segera membahas masalah pembuangan limbah ke sungai Cilamaya tersebut dengan cara mengundang Bupati Purwakarta dan Bupati Subang dengan cara menggelar audensi sehingga solusi terkait pencemaran bendungan Barugbug bisa segera ditangani. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

MKB: “Pencemaran Sungai di Bendungan Barugbug Adalah Kejahatan Lingkungan Hidup”

Oleh: Hasan Basri KARAWANG –  Bendungan Barugbug yang ada di Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang …