9 Polisi Karawang Ditangkap Karena Positif Nyabu

Oleh: Dadang Aripudin

KARAWANG – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Karawang digemparkan dengan adanya penangkapan beberapa oknum anggotanya yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu oleh jajaran Sat Res Polres Metro Bekasi. Diduga kuat, oknum anggota bintara polisi itu nyambi sebagai gembong bandar narkoba jaringan Bekasi dan Karawang.

Polres Metro Bekasi mengamankan seorang bintara polisi berpangkat Aiptu berinisial H karena mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu pada hari Sabtu (26/08) sekitar pukul 03.00Wib.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus yang dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp (WA), membenarkan dengan adanya penangkapan seorang oknum bintara polisi yang bertugas di wilayah hukum Polsek Rengasdengklok Kabupaten Karawang oleh jajaran Sat Res Narkoba Polres Metro Bekasi.

“Telah tertangkap seorang oknum bintara polisi berpangkat Aiptu berinisial H dengan NRP 68030360 anggota Polsek Rengasdengklok Polres Karawang oleh Sat Res Narkoba Polres Metro Bekasi karena terlibat penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu, “kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus , Selasa (29/08).

Dikatakan dia, pada hari Sabtu tanggal 26 Agustus 2017 sekira pukul 03.30 Wib di Kampung Tamiyang Rt 04 Rw 02 Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, telah dilakukan penangkapan terhadap oknum bintara polisi di rumahnya.

“Kronologis kejadiannya berawal dari tertangkapnya pelaku warga sipil berinisial IW oleh Sat Res Narkoba Polres Metro Bekasi, kemudian dilakukan penggeledahan badan tidak ada barang bukti narkoba sehingga terhadap pelaku IW dan dilakukan tes urine dengan hasil positif menggunakan narkoba jenis sabu, “paparnya.

Dijelaskan Yusri,  pihaknya melakukan Interograsi dan mendapati narkoba jenis Sabu dari pelaku berinisial H tersebut.

“Selanjutnya dilakukan pengembangan dan berhasil menangkap pelaku H di rumahnya, dan selanjutnya dilakukan penggeledahan di rumah H, “ucapnya.

Dari hasil penggeledahan di rumah oknum polisi yang didapati mengedarkan narkoba jenis sabu, Sat Res Narkoba Polres Metro Bekasi kemudian berhasil mengamankan 4 paket sabu dengan berat brutto keseluruhan 4.5 gram, seperangkat bong alat penghisap narkoba, 2 handphone Politron dan 2 handphone Hammer.

“Hasil penggeledahan di rumah oknum bintara polisi tersebut, juga ditemukan satu bungkus plastik klip, dan satu kartu anggota Polri berinisial H dengan pangkat Aiptu. Selanjutnya oknum polisi itu dibawa dan diamankan ke Mapolres Metro Bekasi dan dilakukan tes urine di Dokkes Polres Metro Bekasi dengan hasil positif menggunakan narkoba jenis Sabu.

Namun, kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu oleh oknum anggota polisi di Polsek Rengasdengklok Polres Karawang, yang diduga menjadi gembong pengedar narkoba jaringan Bekasi dan Karawang. Kapolres Karawang, AKBP. Ade Ary Syam Indradi belum memberikan konfirmasi secara resmi setelah dihubungi melalui pesan singkat WA nya.

Lebih parahnya, ternyata 8 anggota Polsek Rengasdengklok Karawang lainnya teridentifikasi menggunakan narkoba. Satu oknum anggota ketahuan menggunakan sabu setelah terjaring operasi yang digelar Polres Bekasi di sebuah tempat, saat mereka menggelar pesta narkoba, pada Minggu (27/8/2017) dini hari.

Sementara 8 anggota lainnya diketahui memakai barang haram itu dari hasil test urine dadakan yang digelar Senin (28/8/2017), di Mapolsek Rengasdengklok.

“Ya benar, satu anggota kami telah ditangkap di Bekasi, dan sekarang kasusnya ditangani oleh Polres Bekasi,n”tutur Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam Indradi, saat diwawancari wartawan, pada Selasa (29/8/2017).

Dijelaskan Ade Ary Syam Indradi, sesaat setelah mendengar laporan anggotanya ada yang tertangkap akibat penyalahgunaan narkoba, dirinya langsung menggelar test urine secara spontanitas kepada beberapa personil Polsek di wilayah hukumnya.

Alhasil, 8 personil Polisi dari Polsek Rengasdengklok ternyata positif menggunakan narkoba.

“Test urine itu dilakukan pada Senin (28/8/2017) usai apel pagi, “katanya.

Kedelapan personil Polsek Rengasdengklok itu kemudian diserahkan kepada Propam Polres Karawang, untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan.

“Tentunya ada sanksi,  semuanya kita serahkan pada aturan yang berlaku dalam institusi Kepolisian. Sanksi yang dimaksud juga ada tahapannya, “kata dia.

Ade Ary Syam Indradi menambahkan, pihaknya akan menindak secarq tegas kepada setiap anggotanya yang bermain-main dengan menyalahgunakan narkoba.

“Saya minta kepada masyarakat yang melihat atau mendapati anggota kami melakukan penyalahgunaan terhadap narkoba untuk tidak segan-segan melaporkannya kepada kami, “tegasnya.

Pihak Polres Karawang, sambung Ade Ary Syam, akan memperketat pengawasan kepada semua anggotanya terkait penyalahgunaan terhadap narkoba. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Anjrit!! Selama 4 Tahun, Oknum Polisi ini Peras Sopir Angkot Nomor 17

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Komunitas sopir angkot nomor 17 jurusan By Pass Ahmad Yani-Johar-Klari, …