Polres Karawang Siagakan 1015 Personil Untuk Pengamanan Arus Mudik Lebaran Idul Adha 1438 H

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Kapolres Karawang AKBP. Ade Ary Sam Indradi S.iK meninjau kesiapan pengamanan jelang libur panjang Hari Raya Idul Adha 1438 H yang digelar di Rest Area KM 57 pada Senin (28/8/17) siang.

Peninjauan pengamanan arus mudik jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H tersebut dihadiri Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsari, Dandim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa Karya Winaya, S.Sos MM, dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang H. Nugraha.

“Pengamanan arus mudik dan arus balik jelang  Hari Raya Idul Adha 1438 H ini melibatkan semua personil Kepolisian. Setiap Polsek akan terlibat dalam pengamanan ini, “kata Ade Ary Syam Indradi.

Pria kelahiran Sukabumi 10 September 1976 itu menegaskan, pengamanan khusus yang akan dilakukan pihaknya terutama pada malam Hari Raya Idul Adha dan saat pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Terutama pada malam takbiran Idul Adha semua personil pengamanan akan bekerja ekstra keras, termasuk pengamanan di lokasi atau tempat pelaksanaan shalat Idul Adha, “ujar Kapolres  di hadapan Wakil Bupati Karawang dan Komandan Kodim 0604 Karawang.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karawang agar tidak menggelar  takbir keliling saat malam Hari Raya Idul Adha, karena pihaknya khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat Karawang untuk tidak menggelar takbir keliling di jalan-jalan umum, silahkan melaksanakan kegiatan takbiran, namun lebih baik dilakukan di tempat yang khusuk seperti di Masjid atau di Musholla masing – masing, “tegasnya.

Pantauan tintabiru.com di lokasi rest area KM 57, beberapa peralatan pendukung  yang  telah disiapkan dalam rangka pengamanan arus mudik dan arus balik jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H telah nampak siap siaga, diantaranya meliputi mobil derek, ambulance, kendaraan Patwal, motor  BM serta bengkel motor keliling dan SPBU Keliling.

Kesiapan alat pedukung tersebut kata Kapolres, sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kemacetan pada lokasi yang bukan menjadi titik kemacetan.

“Kalau ada kemacetan ini akan menjadi titik macet baru, sehingga kami telah melatih 7 orang anggota kami untuk menjadi pengganti 7 orang lainnya yang biasa menggunakan kendaraan patwal untuk mengurai kemacetan yang kemungkinan bisa terjadi, “ungkap mantan Kapolres Cimahi ini.

Selain pengamanan dilakukan di jalan tol, sambung Kapolres, pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif bagi para pemudik.

“Kami tidak hanya fokus dalam pengamanan arus mudik dan arus balik di jalan tol saja, karena kami juga telah menyiapkan jalur alternatif. Namun yang terpenting adalah kesadaran dari masyarakat pengguna jalan. Kemungkinan hari H nya adalah hari jum’at,  sehingga kami memprediksi puncaknya akan terjadi pada hari Minggu, “tutur dia.

Sebanyak 1015 personil telah disiapkan untuk pengamanan arus mudik dan arus balik jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H. Dari 1015 personil tersebut 755 personil berasal dari pihak Kepolisian, 30 personil dari TNI, 20 personil dari Satuan Polisi Pamong Praja Karawang, 15 personil dari Dishub Karawang, 12 personil dari Subdenpom III/3 Karawang, serta 12 personil dari Dinas Kesehatan Karawang.(*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Tangkal Isme Komunis, Kodim 0604 Karawang Gelar Nobar Film G30S/PKI di Halaman Stadion Singaperbangsa

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Ribuan masyarakat kota Karawang antusias nonton bareng pemutaran film penghianatan …