Senin, Oktober 22nd, 2018

MKB Akan Sikat Penjahat Lingkungan, Sukur Mulyono: ”Siapa Pun Akan Kita Lawan Walaupun itu Wakil Bupati”

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM –  Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) akan menyikat habis para penjahat lingkungan dan akan melakukan perlawanan kepada siapapun yang merusak alam Karawang.

Hal itu disampaikan koordinator MKB, Syukur Mulyono, sesaat sebelum penanda tanganan kesepakatan bersama antara MKB dengan DPRD Kabupaten Karawang terkait desakan untuk merevisi Pasal 39 Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Karawang  2011-2031.

“Siapa pun yang bermain (dalam meloloskan perijinan pertambangan di daerah Karawang Selatan-red) Kalau seandainya Wakil Bupati atau siapa pun kita sikat, “kata Syukur Mulyono diamini oleh elemen LSM lainnya yang tergabung dalam Masyarakat Karawang Bersatu.

Sebelumnya, lebih dari 200 massa yang mengatasnamakan diri Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) Kamis (24/8/17) siang mendatangi gedung wakil rakyat setempat untuk mendesak direvisinya pasal 39 Perda Kabupaten Karawang Nomor 2 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2011-2031.

Kedatangan massa Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) ini diterima ketua komis C, Elivia Krissiana ST, wakil ketua komisi C, Dedi Rustandi dan ketua DPRD Karawang, Toto Suripto.

Setelah beberapa saat melakukan hearing dan menjelaskan maksud kedatangan mereka kepada para wakil rakyat, DPRD Karawang akhirnya menyepakati usulan MKB untuk mendorong kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar segera merevisi Pasal 39 tersebut.

“Melalui para wakil rakyat yang ada disini, kami mendesak Pemerintah Kabupaten Karawang untuk meninjau kembali pasal 39 Perda Nomor 2 Tahun 2013, karena pada pasal tersebut secara nyata Pemkab Karawang  medukung upaya eksploitasi di wilayah Karawang bagian selatan untuk dijadikan sebagai wilayah pertambangan dan industri, “kata Iwan Karsiwan, juru bicara MKB.

Pria yang akrab disapa Iwan Phortal ini meminta kepada wakil rakyat yang duduk di gedung putih Karawang agar  pada Raperda Perubahan Tata Ruang yang  tengah disiapkan pihak eksekutif, untuk menjadikan wilayah Karawang selatan sebagai wilayah ekowisata semisal geopark atau wisata konservasi sehingga akan mampu mendorong pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Tak hanya itu, MKB juga mendorong kepada Pemerintah Daerah agar merealisasikan UU Nomor 26 tahun 2007 tentang Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten  Karawang.

Sementara, ketua DPRD Karawang yang didampingi ketua komisi C menyatakan setuju dengan sikap Masyarakat Karawang Bersatu dalam hal direvisinya Pasal 39 Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang RTRW tersebut.

“Kami menyepakati usulan teman-teman MKB untuk mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera merevisi pasal ini, karena walau bagaimana pun, ini adalah kewenangan pihak Pemprov  Jawa Barat, namun selama ini kami yang selalu disalahkan, “kata Toto Suripto. (*)

Berikut Videonya:

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Ribuan Massa Desak Pemerintah Daerah Tutup Perusahaan Pertambangan di Karawang Selatan

Oleh: Riady Hidayat KARAWANG, TINTABIRU.COM – Ribuan massa yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Rabu …