Senin, Desember 17th, 2018

Wakil Bupati Karawang Obok – Obok BJB, Aktivis: “Priiiiiiit…. !!! Kang Jimmy Off Side Jalankan Peran”

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sekretaris LSM Kompak Reformasi, Pancajihadi Alpanji, Mempertanyakan sikap Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsari, yang ngotot ingin memindahkan simpanan kas daerah dari Bank Jabar Banten (BJB) ke Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Panji mengendus adanya motivasi terselubung dibalik aksi koboy Wakil Bupati Karawang, yang masih mengangkat  issue soal BJB.

Menurutnya, sebelum Ahmad Zamakhsari resmi dilantik menjadi Wakil Bupati Karawang,  issue terkait BJB pernah diangkat oleh Jimmy (Panggilan akrab Ahmad Zamakhsari), sehingga saat issue itu diangkat kembali ke permukaan, Panji menilai Jimmy tak ubahnya seperti memutar kembali kaset yang lama.

“Kami prihatin terhadap sikap Wakil Bupati Karawang  yang hari gini masih mempersoalkan kebijakan Bank Jabar Banten Cabang Karawang. Bank Jabar Banten adalah perusahaan Well Established, memiliki profit oriented yang jelas. Namun begitu, BJB masih terikat dengan aturan Bank Indonesia (BI)  serta aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau memang Wakil Bupati mau mengkritisi masalah produk BJB,  hendaknya hal itu disampaikannya pada saat digelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Meski BJB adalah  milik Pemerintah Provinsi, namun begitu, Pemda Karawang memiliki hak suara, karena memiliki nasabah yang besar, “kata Panji kepada tintabiru.com,  Sabtu (19/8/17).

Panji menyayangkan Wakil Bupati Ahmad Zamakhsari yang meminta data sejumlah PNS Pemda Karawang yang meminjam uang ke BJB kepada salah seorang pegawai Bank tersebut, karena menurutnya  hal itu adalah rahasia perbankan yang dilindungi Undang – Undang.

“Ini adalah rahasia perbankan yang dilindungi undang-undang, sehingga wajar kalau manajemen Bank Jabar Banten memberikan sanksi kepada pegawainya karena telah membocorkan rahasia perbankan sehingga pegawai itu dimutasikan, “ujarnya.

Pemilik hektaran perkebunan kelapa sawit di Jambi itu menilai lucu jika Wakil Bupati Karawang meminta kepada Bank terbesar di Jawa Barat dan Banten ini untuk bisa menggantikan peran Bank Emok.

“Munkin Pak Jimmy lupa, secara historis didirikannya Bank Jabar Banten adalah justru untuk melayani kas daerah dan kepentingan yang berkaitan dengan pemerintahan daerah dan pegawainya. Masalah Bank emok itu adalah urusannya Bank umum, BPR dan Koperasi. Di posisi inilah Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan, “papar aktivis yang pernah menjadi tenaga pengajar di salah satu SMA pavorit di Karawang.

Jika merasa dirugikan dan tidak puas dengan kinerja  BJB,  Panji menyarankan Wakil Bupati Ahmad Zamakhsari agar mengusulkan kepada DPRD  Karawang  untuk membentuk pansus  Perda pendirian Bank Daerah Karawang (BDK) dengan produk jasa pinjaman kepada PNS tanpa bunga, sehingga nantinya bisa menggantikan peran Bank Emok.

“Mengenai modal pendirian Bank Daerah Karawang (BDK) itu bisa diangarkan di APBD sehingga semua asset yang ada di BJB bisa ditarik dan dipindahkan ke Bank milik pemda Karawang dan secara otomatis seluruh PNS Pemda Karawang akan menjadi nasabah Bank tersebut, “terangnya.

Dijelaskan dia, hingga saat ini Pemda Karawang masih memiliki Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ada di wilayah Cilamaya,  sehingga menurutnya akan sangat realistis jika Pemda Karawang bisa mengembangkan BPR di setiap Kecamatan atau di setiap Desa dan Kelurahan.

“Dengan cara mengobok-obok BJB, secara etika Pak Jimmy sudah terlalu off side dalam menjalankan perannya sebagai orang nomor 2 di Kabupaten Karawang  , “ucapnya.

Aktivis yang telah malang melintang di dunia pergerakan ini meminta kepada Ahmad Zamakhsari, agar  tidak bertindak pada hal yang bukan menjadi kewenanganya.

“Peran Wakil Bupati itu  telah diatur oleh peraturan perundangan dan perannya terbatas. Tugasnya hanya  membantu Bupati, mengurusi masalah Pemberdayaan Perempun, Pemuda dan Pelestarian Sosial Budaya serta Lingkungan Hidup sebagaimana diatur dalam   UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, “tutupnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Koperasi Karyawan PT Chang Shin Indonesia Diduga Gelapkan Uang Pembayaran Debitur

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Sebuah koperasi yang berkantor di Desa Gintungkerta Kecamatan Klari …