Minggu, September 24th, 2017

Aspirasi Wakil Rakyat Tunjang Pembangunan Infrastruktur di Pedesaan

Oleh: Dadang Aripudin

KARAWANG – Aspirasi anggota DPRD Kabupaten Karawang yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur di pedesaan menjadi salah satu harapan masyarakat Desa. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Gempol Kolot, Sunardi, saat memantau langsung proyek betonisasi Jalan Desa sepanjang 240 meter di wilayahnya, pada Kamis (10/8/17).

“Melalui kegiatan betonisasi jalan Desa yang alokasinya bersumber dari dana aspirasi anggota DPRD diharapkan akan mampu meningkatkan kemandirian, keswadayaan, keswasembadaan masyarakat dalam membangun sarana dan prasarana yang potensial dalam rangka meningkatkan mobilitas masyarakat dan menjamin pertumbuhan perekonomian Desa serta mendatangkan rasa keadilan bagi masyarakat dalam mendapatkan akses kemudahan transpotrasi dalam kehidupan sehari-hari, “kata Sunardi.

Pembangunan infrastruktur di tingkat pedesaan, kata Sunardi,  akan mampu mendorong peningkatan taraf kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sehingga program tersebut perlu mendapatkan perhatian dari semua kalangan, baik dana yang bersumber dari APBN maupun APBD Propinsi dan Kabupaten.

Sunardi menegaskan, upaya pembangunan infrastruktur desa melalui program infrastruktur sosial ekonomi perlu mendapat dukungan, sehingga target yang ditentukan dapat tercapai dengan baik.

“Kami melihat, program aspirasi ini sangat besar manfaatnya. Jikalau program aspirasi ini ditiadakan, maka akses jalan darat yang menghubungkan antar Desa akan sangat sulit ditembus meski menggunakan alat transportasi, “ungkapnya.

Sementara, anggota DPRD Kabupaten Karawang  dari fraksi PDI Perjuangan, Elievia Khrissiana menyatakan, jika akses jalan seperti yang ada di Desa Gempol Kolot telah diperbaiki, maka masyarakat setempat tidak akan lagi kesulitan dalam menjual dan memasarkan baik dari hasil pertanian maupun kegiatan lainnya semisal kegiatan kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Mari kita doakan bersama agar semakin banyak lagi program pembangunan yang dilaksanakan di tempat ini, “kata anggota DPRD Kabupaten Karawang yang sekaligus sebagai ketua pada komisi yang membidangi pembangunan infrastruktur tersebut.

Sebagai wakil rakyat, Elivia menekankan kepada semua pihak terutama masyarakat, agar selalu menjaga dan merawat infrastruktur yang dibangun baik yang berasal dari bantuan pemerintah pusat maupun bantuan dari aspirasi DPRD.

“Melihat besarnya manfaat ini, melalui fungsinya sebagai anggota DPRD, Insya Allah saya akan terus berusaha dan akan terus mendorong agar ke depan program aspirasi anggota DPRD bisa terus ditingkatkan, “tandas Elivia.

Dijelaskan dia,  tujuan dari pelaksanaan aspirasi DPRD adalah dalam rangka mempercepat pembangunan sosial ekonomi masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan daerah pedesaan, memperbaiki pengelolaan pemerintahan dan penguatan institusi di pedesaan.

Dengan terbangunnya infrastruktur di pedesaan yang meliputi pembangunan sarana dan infrastruktur transportasi, produksi pertanian, pemasaran pertanian, air bersih dan sanitasi, pendidikan dan kesehatan, ungkap dia, diharapkan akan mampu meningkatkan usaha ekonomi masyarakat. (*)

About admin

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.