Selasa, September 25th, 2018

PDAM Karawang Rugikan Konsumen, 16 Bulan Tidak ada Suplai Air, Pelanggan Masih Diwajibkan Bayar Tagihan

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM –  Ribuan konsumen PDAM Tirta Tarum mengeluhkan tindakan semena-mena yang dilakuan pihak manajemen PDAM Karawang.

Beberapa pelanggan PDAM yang berhasil diwawancarai tintabiru.com mengatakan, selama 16 bulan mereka tidak mendapatkan distribusi air, namun selama itu pula mereka tetap diharuskan membayar uang konsumen setiap bulannya.

“Sudah 16 bulan tidak setetes pun distribusi air dari PDAM Tirta Tarum mengalir ke bak penampungan air milik saya, tapi setiap bulannya saya harus membayar tagihan sebesar Rp. 44.500, “kata Yati (54) warga Dusun Tambaksumur, RT.010 RW.004 Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, saat berbincang dengan tintabiru.com, Jum’at (4/8/17).

Dikatan Yati, tidak mengalirnya distribusi air dari PDAM Tirta Tarum di wilayah Kecamatan Tirtajaya kepada para pelanggannya, tidak pernah dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk memperbaiki kinerjanya.

“Saya dan warga Desa Tambaksari lainnya telah beberapa kali mengadukan hal ini, namun sama sekali tidak pernah direspon oleh pihak manajemen PDAM, “ujar dia dengan nada kesal.

Dari total 16 bulan tidak mendapatkan suplai air, namun Yati telah membayar 2 bulan terakhir dengn bukti setoran yang sah dari PDAM setempat.

“Totalnya 16 bulan suplai air dari PDAM yang tidak ngocor, namun saya dan warga lainnya tetap bersabar. Pada saat memasuki bulan kedua tidak juga mendapatkan suplai air, saya masih tetap membayar tagihan ke PDAM Tirtajaya. Namun saat memasuki bulan ketiga hingga bulan ke 16 saya tidak membayar tagihan, karena saya nilai untuk apa saya harus membayar, toh saya tidak mendapatkan suplai air. Namun secara tiba-tiba pula, pihak PDAM malah mencabut meteran air tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, “ucap Yati

Diungkapkan dia, saat dirinya menanyakan ihwal pencabutan meteran air yang ada di rumahnya, pegawai lapangan PDAM Tirtajaya yang diketahui bernama Saprudin tidak peduli bahkan pencabutan meteran tersebut tidak disertai berita acara pencabutan.

“Saat Saprudin melakukan pencabutan meteran air yang ada di rumah saya, dia tidak menyodorkan berita acara pencabutan yang harus disertai dengan tanda tangan saya sebagai pelanggan, “ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Tarum Karawang, Kiki Kurniawan mengatakan, pihaknya akan melakukan tindakan secepatnya terkait masalah pelanggan PDAM yang ada di Kecamatan Tirtajaya.

“Kami akan secepatnya melakukan follow up melalui bagian SPI (Satuan Pengawas Internal), karena masalah pelanggan PDAM di Kecamatan Tirtajaya ada pada oknum pegawai, “katanya.

Namun, Kiki tidak menafikan masalah tersebut juga ada pada pihak pelanggan PDAM sendiri, seperti pelanggan melakukan transaksi pembayaran melalui petugas PDAM yang ada di lapangan.

Karena kesal pengaduannya tidak juga direspon pihak manajemen PDAM, Saih (Suami Yati) menyatakan, apa yang dinyatakan Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Tarum Karawang, tidak  bisa dipertanggung jawabkan. Pasalnya, kata dia, setelah dirinya menyampaikan keluhan yang dihadapi para pelanggan PDAM di Dusun Tambaksumur, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, kepada Kabag Hublang beberapa hari lalu, ternyata hingga hari ini apa yang dijanjikannya tidak juga terealisasi.

“Saya kecewa dengan apa yang disampaikan Kepala Hublang PDAM Tirta Tarum Karawang, beberapa hari lalu dia berjanji akan segera memfollow up keluhan warga Desa Tambaksari, namun hingga detik ini janji itu masih belum terealisasi, dan pelanggan disini masih belum mendapatkan suplai air meskipun hanya setetes, “ucap Saih dengan nada kecewa. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

3 comments

  1. Hi there, I found your web site by means off Google whilst looking for
    a comparable topic, your website came up, it appears good.

    I’ve bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, just became alert to your blog via Google, and found that it’s
    really informative. I’m going to watch out for brussels.
    I’ll be grateful in case yyou continue this in future.
    Manyy folks shall be benefited rom your writing. Cheers!

  2. Very energetic article, I loved that bit. Will there be a
    part 2?

  3. I am always invstigating online for ideas that can facilitate me.
    Thanks!