Kasdam III Siliwangi Tutup TMMD Ke-99 di Karawang, Dandim 0604: “Kegiatan TMMD Sukses Digelar”

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -99 tahun 2017, yang diselenggarakan di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, secara resmi ditutup oleh Kepala Staf Komando Daerah Militer III Siliwangi, Brigjen TNI Yosua Pandit pada Rabu (2/8/17) pagi.

Apel Penutupan kegiatan TMMD ini digelar di bumi perkemahan Karawang selatan, Desa Mekarbuana, kecamatan Tegalwaru, Karawang.

Dalam sambutannya, Kasdam III Siliwangi membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono, yang menyatakan jika TMMD digelar selama 1 Bulan di seluruh wilayah Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke danmerupakan kegiatan gotong royong antara semua pihak untuk membangun daerah pedesaan.

“Selama 1 bulan, sejak tanggal 4 Juli hingga 2 Agustus 2017 para Prajurit TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat bahu membahu membangun Desa dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, “kata Brigjen TNI YP Sembiring.

Menurutnya, TMMD  merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang, termasuk membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan di daerahnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna menyiapkan ruang , alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

“Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980 an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD) dan setelah melalui berbagai evaluasi serta penyempurnaan kemudian berganti nama menjadi TMMD yang telah berlangsung selama kurang lebih  37 Tahun dansemakin dirasakan manfaatnya oleh Masyarakat,”kata Kasdam III Siliwangi.

Dijelaskan dia, Pada TMMD  ke- 99  Tahun 2017, ada sekitar  364 sasaran fisik berupa Infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Komando Daerah Militer yang ada di seluruh Indonesia.

Sementara, Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa menyebutkan dalam laporannya, semua kegiatan TMMD yang digelar di Kabupaten Karawang dalam pelaksanaannya telah berhasil seratus persen.

“Ada dua sasaran dalam kegiatan TMMD ke-99 tahun 2017, yakni sasaran kegiatan fisik dan non fisik, “kata Ayi Yosa.

Ayi Yosa menyebut, TMMD yang digelar di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, telah berhasil menyelesaikan seratus persen semua pekerjaan fisik maupun non fisik seperti membuka akses  jalan baru yang dimulai dari Kampung Cijati hingga Kampung Sirnaruju sepanjang 5,6 KM X 13 M, pembangunan 18 unit rutilahu, pembangunan 2 unit MCK, pembangunan 1 paket bak penampungan air bersih yang ada di 3 titik, perehaban 2 unit gedung PAUD yang ada di 2 titik, pembangunan drainasse sepanjang 500 meter, pembangunan 2 bangunan pos siskamling yang ada di 2 titik, pembangunan 1 bangunan posyandu, pembuatan gorong-gorong di 3 titik, dan over prestasi pembangunan 4 unit rutilahu yang kesemuanya selesai 100 persen.

Selain berhasilnya sasaran fisik, ungkap Ayi Yosa, sasaran non fisik pun telah berhasil diselenggarakan dengan baik.

“Untuk sasaran non fisik, Kami dari Kodim 0604 Karawang juga telah melakukan beberapa penyuluhan, seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang KB kesehatan, penyuluhan kesehatan, sosialisasi tentang bahaya narkoba,  penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum, dan semuanya berjalan dengan aman, tertib dan lancar, “pungkasnya.

TMMD ke-99 tahun 2017 yang digelar di Kabupaten Karawang melibatkan 261 orang, yang terdiri dari 140 personil TNI, 6 anggota Polri, 15 pegawai dari Pemerintah Daerah, dan 100 orang masyarakat sekitar.

Di tempat yang sama, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, mengatakan, TMMD merupakan bentuk semangat gotong royong yang melibatkan semua pihak dalam rangka membangun NKRI.

“Ini merupakan cerminan bahwa masyarakat masih semangat dalam bergotong royong untuk bersama-sama membangun NKRI, “katanya kepada sejumlah wartawan.

Pada Apel penutupan TMMD ke-99 tahun 2017 yang digelar, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Yosua Pandit Sembiring , SIp, dan Dan Up Mayor Inf  Tito (Kasdim 0619 Purwakarta.

Kegiatan Apel penutupan TMMD ke-99 tahun 2017 juga dihadiri Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, Asrendam III Siliwangi, Kolonel Inf  Toto. S, Ka Bintaldam III Siliwangi, Kolonel Kav Khusnul Kuluk, Ka Infolahta Dam III Siliwangi, Kolonel Arm Mulyono, Ka Top Dam III Siliwangi, Kolonel CTP Bagus Eko Kuncoro, Waas Terdam III Siliwangi, Letkol Arh Zaenudin, Kasrem 063 Sunan Gunung Jati, Letkol Arm Wahyu Widodo, Asda I Pemda Karawang, Drs. Samsuri, Kepala PMD Provinsi Jawa Barat , Bambang, Sekretaris Dinkes Karawang,  dr. Nurdin, Kepala Dinas Pertanian Karawang, Ir. H. Hanafi, Kajari Karawang,  Sukardi, SH MH, Kepala Kesbanglinmas Karawang, Drs. Sujana, Kadis Ops Lanud Surya Darma Subang, Kolonel Pnb Budi, Para Dandim di jajaran Korem 063 Sunan Gunung Jati, Para Kepala Desa se Kec. Tegalwaru, dan masyarakat  sekitar kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Peringati HUT TNI ke-72 Kodim 0604 Karawang Gelar Lomba PBB

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke – …