Rabu, November 14th, 2018

Antisipasi Musim Kemarau, Distan Karawang Siapkan Mesin Pompa Air Untuk Petani

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU.COM  – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Ir. Hanafi, menyatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa mesin pompa air untuk persiapan musim kemarau panjang yang diprediksi akan melanda wilayah Kabupaten Karawang.

Saat ditemui pada acara panen raya di Jalan Baru, Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat, Ir. Hanafi mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karawang telah memprediksi akan terjadinya kemarau panjang yang akan menimbulkan kekeringan. Namun menurut dia, sejauh ini di wilayah Kabupaten Karawang masih memiliki beberapa sumber air yang relatif cukup untuk kebutuhan pertanian.

“Memang BMKG Karawang telah memprediksi akan munculnya musim kemarau panjang, namun Karawang memiliki banyak sumber air yang memungkinkan bisa mencukupi kebutuhan air bagi para petani, ”kata Hanafi disela-sela acara panen raya bersama dengan Ketua tim Sergap Mabesad, Brigjen TNI Dudung Abdul Rohman, Jum’at (28/7/17) pagi.

Dikatakan Hanafi, dampak dari gelombang panas yang terjadi saat ini masih aman, namun tambah dia, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang berharap, agar para petani tetap waspada dari segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

“Hingga saat Ini, areal pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Karawang masih tercukupi dengan air yang bersumber dari beberapa aliran sungai, “ucapnya.

Hanafi meyakinkan, jika lahan pertanian mengalami kekeringan, Pemkab Karawang melalui Dinas Pertanian akan siap menyediakan pompa air.

“Dinas Pertanian akan siap menyediakan pompa air jika musim kekeringan melanda wilayah pertanian yang ada di Kabupaten Karawang, ”jelas Hanafi. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Jaga Stabilitas Harga Padi, Polsek Bungursari Purwakarta Sambangi Para Petani

Oleh: Dadang Aripudin PURWAKARTA, TINTABIRU.COM – Kapolsek Bungursari Purwakarta, Kompol Dewa Putu Murdana SH, bersama jajarannya, …