Minggu, Oktober 21st, 2018

Tanamkan Nasionalisme, Asisten Teritorial Kasad Gelar Wawasan Kebangsaan Nasional dari Sabang Sampai Merauke

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG, TINTABIRU – Dalam rangka meningkatkan nasionalisme dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan Nasional secara serentak dengan melibatkan 301 Komando Distrik Militer yang tersebar di setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Widagdo Hendro Sukoco, saat meninjau langsung program TMMD ke-99 di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Senin (24/7/17) pagi.

Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Widagdo Hendro Sukoco di tengah siswa-siswi SLTA usai menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan Nasional di Markas Denharlat Karawang

“Kalau kita lihat secara jujur, ada penurunan dari generasi muda bangsa ini terhadap pancasila apalagi memahami dan menghayati nilai-nilainya. Hapalan akan silanya secara berurutan saja mereka masih belum hapal, “kata Widagdo kepada sejumlah wartawan, saat berkunjung ke Markas Detasemen Pemeliharaan Alat-Alat Tempur (Madenharlat) sekaligus meninjau kegiatan Wawasan Kebangsaan Nasional yang diselenggarakan Kodim 0604 Karawang, yang diikuti lebih dari 300 siswa-siswi SLTA yang ada di wilayah Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru, Karawang bagian selatan.

Dikatakan dia, sebagai ideologi negara, Pancasila digali oleh para pendiri bangsa dari nilai-nilai luhur budaya indonesia.

Mayjen TNI Widagdo Hendra Sukoco saat diwawancarai sejumlah wartawan di Markas Denharlat Kabupaten Karawang

“Pancasila adalah ideologi bangsa kita, digali oleh para pendiri bangsa ini dari nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia, oleh karenanya, kami dari jajaran TNI AD menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan Nasional secara serentak mulai dari Sabang sampai Merauke, “jelas Widagdo.

Widagdo menegaskan, pihak TNI AD akan terus menyelenggarakan kegiatan Wawasan Kebangsaan Nasional hingga akhir Desember 2017 mendatang, kepada semua lapisan masyarakat.

“Wawasan Kebangsaan Nasional ini bukan hanya diajarkan kepada anak-anak sekolah semata, namun kegiatan ini akan diajarkan secara umum kepada semua lapisan masyarakat, karena dengan memahami Wawasan Kebangsaan Nasional akan terbangun sikap untuk bela negara, “tandasnya.

Kunjungan kerja Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat dalam rangka meninjau langsung program TMMD ke-99 di Kabupaten Karawang ini dihadiri Komandan Resort Militer 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin, Waaster Kasdam III/Siliwangi, Letkol Arh Zaenuddin, Komandan Detasemen Pemeliharaan Alat-Alat Tempur Kostrad, Letkol Inf Jos Suhartono, Pabandya II Puanter Sterad, Letkol Inf Ridho Pramono, Tim Wasev Kemenhan RI, Letkol inf Adang, Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Karawang, Kepala UPTD Pendidikan Kabupaten Karawang, Camat Tegalwaru, Kepala Desa Mekarbuana, 33 Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, 300 Pelajar dari SMAN 1 Pangkalan dan SMK IT Sanggabuana, serta 400 masyarakat Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru. (*)

Baca Juga: Aster Kasad Tinjau Langsung TMMD di Karawang

Berikut Videonya:

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Peringati HUT TNI ke-72 Kodim 0604 Karawang Gelar Lomba PBB

Oleh: Hasan Basri KARAWANG, TINTABIRU.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke – …