Kodim 0604 Tularkan Wawasan Kebangsaan Nasional Kepada 250 Siswa SMKN 1 Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Komando Distrik Militer (Kodim) 0604 Karawang, Sabtu (22/7/17) pagi menggelar kegiatan “Wawasan Kebangsaan Nasional” dengan mengikutsertakan 250 siswa SMKN 1 Karawang. Kegiatan ini digelar di  Makodim 0604, Jalan Siliwangi Nomor 1 Karawang.

Kegiatan yang digelar dimulai pukul 08:45 hingga 11:30 WIB, dihadiri Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Arm Ayi Yosa S.Sos MM, para staf Danramil, Ba dan Ta, serta 250 anggota pramuka SMKN 1 Karawang yang tergabung dalam Saka Wira Kartika.

”Kegiatan Wawasan Kebangsaan Nasional ini biasanya digelar pada saat orientasi masuk sekolah, sementara pemberian materi ini merupakan program pemerintah untuk memberikan Wawasan Kebangsaan Nasional yang baik dan benar kepada siswa sekolah, “kata Ayi yosa, saat menyampaikan sambutannya di aula Makodim 0604 Karawang.

Beberapa materi yang  disampaikan pihak Kodim 0604 kepada siswa SMKN 1 Karawang pada kegiatan  Wawasan Kebangsaan Nasional meliputi: Pemahaman Pancasila, disampaikan oleh Danramil 0412/ Klari, Kapt Arm Agustiar, Materi tentang Bhineka Tunggal Ika, disampaikan oleh Danramil 0411/ Telukjambe, Lettu Inf Beneami Hulu, Wawasan tentang NKRI, disampaikan Danramil 0405/ Pedes, Kapt Inf Agus, dan Penghayatan terhadap UUD 1945, disampaikan oleh Danramil 0406/ Cikampek, Kapt Inf Wawan Triyuana.

“Selain pembekalan dengan materi pemahaman Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, wawasan tentang NKRI dan penghayatan tehadap UUD 1945, kegiatan ini juga diisi dengan olahraga dan outbond. Dengan tujuan agar para siswa  yang tergabung dalam Saka Wira Kartika ini memiliki jiwa korsa atau semangat kebersamaan diantara mereka, “ujar dia.

Beberapa kegiatan olahraga dan outbond yang diikuti para siswa SMKN 1 Karawang diantaranya adalah: Tongkat Estafet, Holahop, Bola Tali, Buldozer, Permadani Terbang, Water Estafet, PBB dan PPM.

Menurut Ayi, pentingnya kegiatan Wasbang yang digelar pihaknya, adalah untuk melatih dan membentuk semangat sportivitas sebelum para siswa ini terjun ke masyarakat.

Tak hanya itu, dalam sambutannya, Perwira Menengah TNI AD yang pernah menjabat sebagai Wadanyon Armed 9/ Pasopati, Purwakarta ini, juga membahas mengenai pentingnya para siswa memahami Indonesia sebagai negara equator.

“Indonesia adalah negara equator yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, sehingga NKRI menjadi incaran negara-negara lain. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan diri dalam menghadapinya. Kita juga harus peka terhadap lingkungan tempat tinggal kita, selalu siaga dengan Siskamling,  karena semua itu adalah salah satu upaya deteksi dini terhadap keamanan NKRI, “tegasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Peringatan HUT RI Ke-72, Bupati Cellica Nurrachadiana: “Karawang Tempat Berkumpulnya Bung Karno, Bung Hatta dan Bung Syahrir”

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Kabupaten …