Ternyata Nama Kecil Presiden Jokowi Adalah Mulyono

Oleh: Hasan Basri

SOLO, TINTABIRU.COM – Banyak orang mengira Joko Widodo adalah anak tunggal dari pasangan Almarhum Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. Padahal, Jokowi memiliki 3 saudara dan semua saudaranya adalah perempuan.

Ketiga saudara kandung Jokowi adalah, Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati. Sementara, Jokowi adalah laki-laki tunggal diantara ketiga saudaranya tersebut.

Penampilan Jokowi saat usia remaja

Jokowi berlatar belakang sebagai pengusaha, sedangkan ketiga adiknya belum diketahui secara pasti profesi dan pekerjaannya.

Sebenarnya, Jokowi  memiliki seorang adik laki-laki bernama Joko Lukito, namun adik laki-laki Jokowi itu meninggal saat dalam persalinan.

Seperti dilansir jateng.tribunnews.com, anak-anak kecil di Jawa Tengah biasanya mereka mempunyai nama kecil. Ternyata, nama kecil Presiden Joko Widodo adalah Mulyono.

Ayah Jokowi berasal dari Karanganyar, sementara kakek dan neneknya berasal dari sebuah desa di Boyolali.

Saat kecil, Jokowi mengenyam Pendidikan dasarnya dengan bersekolah di SDN 112 Tirtoyoso, salah satu sekolah dasar negeri yang dikenal untuk kalangan menengah ke bawah.

Kesulitan hidup yang dialami keluarganya, memaksa Jokowi memulai usaha dagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul, mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajannya sehari-hari. Saat anak-anak lainnya pergi ke sekolah menggunakan sepeda, Jokowi tetap memilih berjalan kaki.

Pada usia 12 tahun, Jokowi mulai bekerja sebagai penggergaji, mewarisi keahlian ayahnya yang berprofesi sebagai tukang kayu.

Saat kecil, Jokowi telah mengalami tiga kali penggusuran rumahnya, sehingga pengalaman ini mempengaruhi cara berpikir dan kepemimpinannya saat menjadi Wali Kota Surakarta pada saat menertibkan pemukiman warga setempat.

Setelah menamatkan pendidikan dasarnya, Jokowi kemudian melanjutkan sekolahnya ke SMPN 1 Surakarta.

Saat telah lulus dari SLTP, Jokowi kemudian ingin melanjutkan pendidikan SLTA nya ke SMAN 1 Surakarta. Sayangnya, Jokowi gagal masuk ke sekolah favorit tersebut, sehingga akhirnya Jokowi melanjutkan pendidikan SMA nya ke SMAN 6 Surakarta. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: