“Sunda Spirit Pancasila” Jadi Tema Peringatan Hari Jadi Purwakarta

PURWAKARTA, TINTABIRU.COM – Peringatan hari Jadi Purwakarta ke-186 dan Kabupaten Purwakarta ke-46, mengusung tema “Sunda Spirit Pancasila”.

Mulai malam ini, Kamis (20/7/17) malam, rangkaian peringatan hari jadi tersebut digelar melalui Rapat Paripurna DPRD Purwakarta yang digelar di Taman Pasanggrahan Pajajaran atau Alun-alun Purwakarta.

Sejumlah kegiatan peringatan hari jadi akan digelar dengan berbagai macam kegiatan hingga akhir Agustus 2017.

“Sidang Paripurna DPRD digelar di ruang terbuka supaya masyarakat Purwakarta bisa ikut terlibat. Pada kesempatan tersebut akan ada momen dramatikal mengenai sejarah lahirnya Purwakarta dari awal hingga saat ini, “kata Dedi Mulyadi, Kamis (20/7/17).

Rapat paripurna hari jadi yang digelar adalah rapat paripurna terakhir yang dihadiri Dedi Mulyadi. Pasalnya, pada 2018 mendatang, pria yang akrab disapa kang dedi ini akan lengser keprabon dari jabatannya, setelah dua periode lamanya, kang Dedi memimpin Kabupaten berjuluk Purwakarta Istimewa itu.

“Ini adalah kali terakhir saya menghadiri rapat paripurna hari jadi. Pada tahun depan, saya sudah melepaskan jabatan saya selaku Bupati Purwakarta, “tuturnya.

Sidang paripurna yang digelar rencananya akan diisi dengan upacara adat Sunda, yakni acara “Parebut Seeng” dan akan diikuti oleh warga dan para anggota DPRD.

“Ada juga acara “ngumbah kendi” (membersihkan kendi), karena Kabupaten Purwakarta juga dikenal sebagai Kabupaten pengrajin kendi dan itu ada di wilayah Kecamatan Plered, “tambahnya.

Menurut Dedi, Pengambilan tema “Sunda Spirit Pancasila” sengaja diambil, karena kata dia, ketika berbicara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka sesungguhnya berbicara tentang suku-suku yang ada di wilayah Indonesia.

“Ketika kita berbicara dasar negara maka sesungguhnya kita berbicara tentang aspek budaya, dan sunda merupakan salah satu substansi dari Pancasila itu, “tandasnya. (mas)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: