Ombak Setinggi 4 Meter Robohkan Puluhan Rumah Di Pesisir Utara Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Gelombang pasang setinggi 4 meter merobohkan puluhan rumah milik warga Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Setiap tahunnya, wilayah yang berada di pesisir utara pantai Karawang itu selalu menjadi bulan-bulanan keganansan ombak laut hingga menghilangkan harta benda milik mereka.

“Peristiwa itu terjadi dua hari yang lalu, tepatnya pada Sabtu sore (1/7/17), puluhan rumah yang persis berada di bibir pantai roboh tak tersisa, karena puingnya pun terbawa ombak, termasuk rumah milik saya, “tutur Karta, warga Desa Cemarajaya saat ditemui tintabiru.com, Senin pagi (3/7/17).

Dikatakan Karta, selain merobohkan puluhan rumah yang berada di bibir pantai, air rob juga menerjang puluhan rumah lainnya hingga mengakibatkan kerusakan parah.

“Rumah dengan radius sekitar 100 meter dari bibir pantai pun rusak parah, “katanya.

Selain merobohkan dan merusak puluhan rumah, gelombang pasang di pantai Cemarajaya juga mengakibatkan harta benda serta perabot rumah tangga milik warga hilang akibat terbawa ombak. Hingga kini, sebagian warga terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat mereka.

“Rumah saya mengalami rusak parah akibat terjangan gelombang pasang. Gelombang disini biasanya mulai tinggi dan menerjang pemukiman warga pada sore hari sebelum matahari terbenam, “kata Suryana.

Saat ditemui tintabiru.com, Suryana tengah sibuk mengumpulkan pasir laut dan memasukkannya ke dalam karung yang kemudian ia gunakan untuk membendung terjangan ombak laut agar tidak langsung mengenai rumahnya.

Sementara, Meski pada tahun lalu Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana sempat meninjau lokasi yang rawan diterjang gelombang, bahkan telah melakukan pembentengan dengan tumpukan bebatuan, namun pantauan tintabiru.com di lokasi, tumpukan bebatuan tersebut sebagian telah runtuh dan berantakan akibat tidak kuat menahan hempasan ombak yang datang setiap waktu.

Seringnya gelombang pasang menerjang wilayah pemukiman mereka, membuat masyarakat Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya mengeluhkan belum adanya upaya serius dari Pemerintah Daerah setempat.

“Hingga saat ini belum ada upaya serius yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk menyelamatkan wilayah kami, “ucap Suryana.

Kendati demikian, warga Desa Cemarajaya masih tetap bersyukur, karena hantaman gelombang pasang yang telah menghilangkan puluhan rumah mereka tidak sampai menimbulkan korban jiwa. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

MKB: “Pencemaran Sungai di Bendungan Barugbug Adalah Kejahatan Lingkungan Hidup”

Oleh: Hasan Basri KARAWANG –  Bendungan Barugbug yang ada di Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang …