Rabu, November 14th, 2018

Dikucilkan di Timur Tengah, Qatar Jalin Kerjasama Militer dengan Turki

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Rojab Thoyyib Erdogan), Kamis malam kemarin (8/6/17) dikabarkan telah meratifikasi kesepakatan bilateral baru dengan Qatar. Kesepakatan tersebut mencakup tentang kerja sama militer antara kedua negara.

Kantor Kepresidenan Turki melansir, salah satu isi perjanjian kerja sama terkait dengan rencana penempatan pasukan militer Turki di Qatar. Dari situ, tentara Turki nantinya akan menggelar dan melatih pasukan militer negara teluk ini untuk beberapa waktu lamanya.

Sebelumnya, Parlemen Turki juga telah meratifikasi kesepakatan tersebut pada Rabu (7/6/17). Kebijakan ini muncul hanya beberapa hari setelah Arab Saudi dan negara-negara sekutunya memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Kesepakatan baru dengan Qatar kali ini bertujuan untuk memperbaiki angkatan bersenjata negeri yang berada di semenanjung teluk tersebut serta meningkatkan kerja sama militer kedua negara. Kesepakatan itu sekaligus sebagai bentuk tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani Turki dan Qatar pada April lalu di Doha.

“Di bawah kesepakatan ini, angkatan bersenjata dari kedua negara bisa melakukan latihan bersama. Langkah ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perdamaian regional dan dunia,” tulis Kantor Kepresidenan Turki dalam pernyataannya.

Beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada Senin (5/6/17) Arab Saudi bersama dengan sekutunya yakni Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik mereka terhadap Qatar. Keempat negara itu menuding pemerintah di Doha memberikan dukungan terhadap kegiatan terorisme di kawasan Timur Tengah.

Hingga pada Kamis (8/6/17), Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab (UEA) mengeluarkan satu pernyataan bersama. Dalam pernyataan tersebut, keempat negara menyebutkan bahwa ada 59 orang dan 12 organisasi di Qatar yang berkaitan dengan “teror”. Para pejabat pemerintah di Doha membantah tudingan itu dan menyebutnya sebagai tuduhan yang tidak berdasar sama sekali. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

60 Kali Bobol Rumah, Penjahat Asal Cibungur Karawang Wetan ini Meregang Nyawa Diterjang Timah Panas Polisi

Oleh: Riady Hidayat KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang penjahat asal Kampung Cibungur Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan …