Rabu, September 26th, 2018

Songsong Ramadhan 1438 H, Ribuan Obor Bakar Semangat Ukhuwwah Warga Karawang

Oleh: Hasan Basri

KARAWANG – Pawai obor dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H. yang diikuti puluhan ribu warga Kabupaten Karawang pada Rabu malam (24/5/2017) berlangsung sangat meriah.

Puluhan ribu peserta pawai obor memadati Jalan Ahmad Yani hingga alun-alun kota Karawang

Puluhan ribu warga dari berbagai elemen memadati Jalan Raya Ahmad Yani Hingga Penghujung Jalan Tuvarev alun-alun Kota Karawang.

Semula, muncul prediksi dari bebarapa kalangan jika aksi pawai obor ini akan menimbulkan sedikit keributan. Namun prediksi tersebut hanya isapan jempol.  Warga etnis Tionghoa yang semula mengalami ketakutan akibat kasus penistaan agama oleh Aking Saputra, ternyata tidak terbukti. Massa yang melewati beberapa tempat ibadah agama lainpun menghormati dan tetap menjaga kebhinekaan.

Hampir semua toko milik etnis Tionghoa memilih tutup, khawatir pawai obor akan timbulkan keributan

Meski banyak toko milik para etnis Tioghoa di sepanjang Jalan Tuparev yang memilih untuk tutup, namun puluhan ribu masyarakat muslim Karawang yang tumpah ruah di sepanjang jalan tersebut, berlangsung aman dan kondusif.

Beberapa pemilik toko bahkan memilih buka dan menonton pawai obor hingga para peserta sampai di alun-alun kota Karawang.

Beberapa toko milik etnis Tionghoa di Jalan Raya Tuparev yang memilih buka sambil menyaksikan pawai obor

Pantauan tintabiru.com, warga yang mengikuti pawai obor begitu bersemangat kendati mereka harus berjalan kaki hingga 5 KM.

“Kegiatan ini murni pawai obor dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 H, “kata ketua panitia pawai obor, Dudung Abdullah kepada tintabiru.com.

Dikatakan dia, kendati ini adalah kali pertama, namun pada tahun berikutnya, pihaknya akan tetap mengagendakan sehingga pawai obor menjadi tradisi tahunan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Insya Allah, pada tahun berikutnya akan tetap digelar, “jelasnya. (*)

Berikut Videonya:

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Belum Lunasi Pembayaran Siswi SMAN I Rengasdengklok Terancam Tak Bisa Ikut UN

Oleh: Darsen Tajudin KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang siswi kelas XII SMAN 1 Rengasdengklok Kabupaten Karawang …