Pantai Utara Karawang Jadi Sarang Perompak, Hasil Tangkapan Nelayan Dibajak

Bandung – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mendapat keluhan dari para nelayan di Karawang terkait mulai maraknya aksi perompakan di wilayah pantai utara Kabupaten Karawang.

Iwa Karniwa menjelaskan, keluhan soal perompakan ini muncul saat dirinya menggelar dialog dengan 500 masyarakat nelayan di Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang beberapa hari lalu.

“Banyak nelayan Karawang berlayar jauh dan ketika pulang mereka dicegat para perompak, dan hasil tangkapan ikannya pun dijarah,” kata Iwa, Kamis (4/5/17).

Iwa menambahkan, sesungguhnya persoalan ini telah diketahui semua pihak khususnya aparat keamanan setempat.

Sebagai Sekretaris Daerah Pemprov Jabar,  Iwa memastikan Polair Kabupaten Karawang saat ini sudah mulai mengintensifkan patroli di wilayah perairan yang dianggap rawan dengan para perompak.

“Polair sudah mulai intensif menjaga keamanan terutama nelayan yang berlayar ke laut dalam,” tutur dia.

Sementara, para nelayan Karawang mengaku sulit mengetahui identitas para perompak, apakah para pelaku berasal dari wilayah pantai utara Jabar atau daerah lain.

Selaku Dewan Pembina Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Jawa Barat, Iwa mengaku telah menginventarisir kejadian tersebut.

“Kejadian ini telah kami laporkan ke HNSI pusat,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Iwa Karniwa mengajak para nelayan Karawang untuk mengikuti program asuransi nelayan yang kini tengah digenjot oleh pemerintah pusat.

Tak hanya itu, Iwa juga meminta agar para nelayan membentuk koperasi dan posko bantuan hukum, untuk membantu mereka dari masalah yang bisa terjadi di tengah laut.

“Saya juga mendorong nelayan untuk membentuk koperasi dan Posbakum, ini demi peningkatan ekonomi mereka” tandasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

MKB: “Pencemaran Sungai di Bendungan Barugbug Adalah Kejahatan Lingkungan Hidup”

Oleh: Hasan Basri KARAWANG –  Bendungan Barugbug yang ada di Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang …