Soal Poster “Tolak Pungli” di Tembok BPN Karawang, BM PAN: Jangan Cuma Poster Dong

Oleh: Bayu Sid

TIM Sapu Bersih (Saber) Pungli menempelkan poster “Tolak Pungli” di tembok kantor BPN Karawang. Penempelan poster ini disambut positif oleh sejumlah elemen masyarakat Karawang. Namun, ada baiknya, Tim  Saber Pungli juga melakukan penyelidikan dugaan praktek pungli yang dilakukan oknum di kantor tersebut.

20170303_133851Seorang Pengurus BM PAN Karawang, Hilman Tamimi sepakat, kalau Tim Saber Pungli Karawang mau “masuk” ke dalam kantor BPN Karawang, melakukan investigasi terkait adanya dugaan pungli yang dilakukan oleh beberapa oknum di kantor tersebut.

“Kenapa demikian? Karena di BPN sendiri sangat rentan dengan aksi pungli. Banyak ‘lubang’ yang bisa dimanfaatkan oleh oknum di kantor BPN untuk melakukan itu. Seperti dari pembuatan sertifikat, atau sejenisnya,” ujarnya, saat berbincang dengan tintabiru.com, sesaat tadi.

Ungkapan Hilman bukank tanpa alasan. Dia kemudian mencontohkan pada sebuah peristiwa, dimana seorang warga yang hendak membuat sertifikat tanahnya menggunakan jasa pejabat di BPN Karawang.

“Ini kejadian enam tahun lalu. Warga tersebut mempercayakan pembuatan sertifikat tanahnya kepada seorang oknum pejabat di BPN Karawang. Kemudian, dalam proses pembuatan itu, si oknum pejabat itu meminta biaya jasanya sebesar Rp10 juta,” ucapnya.

Karena awam, si warga tersebut menyepakatinya dan memberikan uang tersebut, sebagai biaya pembuatan sertifikat tanah. Namun, lanjut Hilman, sertifikat tersebut hingga sekarang belum juga jadi. “Banyak alasan. Soal pengukuran lah, gak bisa digambar lah, dan lain sebagainya. Itukan kalau ditarik ke ranah pungli, kan bisa masuk,” katanya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro
Tags:
author

Author: