Jumat, Oktober 19th, 2018

Amankan 103 WN Arab, 10 Pejabat Direktorat Imigrasi Dinonaktifkan

BUNTUT diamankannya 103 warga negara Arab di Bogor, sebanyak 10 pejabat Direktorat Imigrasi dinonaktifkan. Belum jelas alasan penonaktipan 10 pejabat tersebut. Yang jelas, hal itu terjadi pasca diamankannya 103 warga negara Arab, dalam operasi pengawasan pada Kamis (23/2) pagi, yang dilakukan oleh Direktorat Wasdakim bersama Kanim Bogor dibantu Tim Pengawasan Orang Asing Bogor.

05d8946d-23c9-4ed7-9067-2d8970c39171_169“Tidak ada pencopotan kepada 69 pejabat Imigrasi. Yang terjadi adalah penonaktifan 10 pejabat Imigrasi,” kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (25/2/2017).

Menurut Agung, saat ini tengah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham. Agung memastikan tak ada pemerasan yang dilakukan oleh 10 pejabat tersebut.

“Tidak ada pemerasan. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan internal oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham kepada 10 orang pejabat Imigrasi,” tutur Agung.

Agung menambahkan diamankannya 103 WN Arab Saudi dari 106 WN asing yang diamankan tak terkait dengan kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

“Tidak ada hubungannya dengan kedatangan Raja Arab Saudi⁠⁠⁠⁠,” imbuh Agung.

Sebelumnya, Kamis (23/2/2017), Tim Kantor Imigrasi Bogor melakukan operasi pengawasan orang asing di Bogor, Jawa Barat. Mereka mengamankan 106 warga negara asing.

Dari total 106 WNA yang ditangkap itu, ada 103 WN Arab Saudi, 1 WN Maroko, dan 1 WN Yaman.

“Tujuan kegiatan rutin pengawasan adalah menindaklanjuti laporan masyarakat dan mengantisipasi munculnya permasalahan sosial,” ujar Kabag Humas Ditjen Imigrasi Agung Sampurno.

Tim Imigrasi kemudian melakukan verifikasi dan identifikasi lebih mendalam. WNA yang dokumennya lengkap langsung dilepas. Sedangkan yang tidak lengkap diminta melengkapi dan mengurus perpanjangan izin tinggal.

“Sedangkan yang kurang lengkap dan telah menyelesaikan kewajibannya dengan memperpanjang izin tinggal juga telah dibebaskan,” ujar Agung.

Setelah semua WNA melengkapi persyaratan, mereka dilepaskan. “Tidak ada yang dilakukan penahanan,” pungkas Agung. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

60 Kali Bobol Rumah, Penjahat Asal Cibungur Karawang Wetan ini Meregang Nyawa Diterjang Timah Panas Polisi

Oleh: Riady Hidayat KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang penjahat asal Kampung Cibungur Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan …