Jumat, Oktober 19th, 2018

Asli Loh…Warga Purwakarta Banyak yang Terjerat Rentenir, Nih Buktinya…

Oleh: Bayu Sid

OW…Ternyata warga Purwakarta masih banyak yang terlilit utang pada rentenir. Dan ini, seolah sudah menjadi fenomena di kabupaten yang katanya “Istimewa” itu. Parahny, selain warga “rumahan”, hampir semua pedagang kecil di kabupaten yang dipimpin Bupati Dedi Mulyadi ini menggantungkan bantuan pinjaman keuangan pada rentenir yang berkedok bank keliling.

aviary_1487330564957Fenomena ini terekam kamera tintabiru.com, Jumat (17/2/2017) siang. Seorang pedagang kaki lima yang mangkal di halaman depan PT. Dada, di kawasan Sadang, dikejar-kejar seorang rentenir. Pedagang berstatus ibu ini, sempat ngumpet di parkiran PT. Dada. Namun akhirnya ketahuan, dan sirentenir kemudian mendampratnya.

“Keluar kamu! Mana utang mu??? Udah 3 hari kamu belum stor. Ngilang-ngilang aja!!!” hardik si rentenir yang identitasnya tidak diketahui namanya.

Dengan wajah ketakutan, si ibu pedagang itu akhirnya keluar dan membayar utang hariannya kepada rentenir itu.

Usai kejadian, si ibu, sebut saja Minah (42) bercerita kepada tintabiru.com. Dia mengaku sudah lama terjerat rentenir berkedok bank keliling. Dia juga mengaku, meminjam uang kepada rentenir lantaran terpaksa, karena sulit mendapatkan bantuan permodalan. Sementara pemerintah daerah sendiri, hingga saat ini tak pernah memperhatikan nasib mereka (dalam hal bantuan permodalan).

“Ah boro-boro ada bantuan (dari Pemkab Purwakarta). Selama bertahun-tahun saya jualan, belum pernah ada bantuan itu. Satu-satunya jalan untuk mendapatkan bantuan modal, ya dari bank keliling,” ujarnya.

Proses peminjaman uang kepada bank keliling, kata dia, sangat mudah. Hanya dengan foto copy KTP, uang yang dibutuhkan langsung keluar. “Yang penting dia (bank keliling) tau tempat mangkal jualan kita. Biasanya, pembayarannya ada yang harian dan mingguan,” jelasnya, tanpa mau menyebutkan berapa pinjaman dan berapa setoran hariannya.

Masih kata dia, rekan-rekannya pedagang yang berada di lokasi tersebut juga hampir semuanya terjerat rentenir berkedok bank keliling. “Ini juga sama hampir semua pedagang disini terjerat rentenir,” katanya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

60 Kali Bobol Rumah, Penjahat Asal Cibungur Karawang Wetan ini Meregang Nyawa Diterjang Timah Panas Polisi

Oleh: Riady Hidayat KARAWANG, TINTABIRU.COM – Seorang penjahat asal Kampung Cibungur Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan …