Pilbup Bekasi, 286 Tahanan Cikarang Ikut Nyoblos

Laporan: Fajar Sukma/Bekasi

SEBANYAK 286 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi ikut nyoblos dalam Pilbup Bekasi, yang akan digelar Rabu (15/2/2017).

Kalapas Cikarang
Kalapas Cikarang

Kalapas Kelas III Cikarang-Bekasi, Kadek Anton Budiharta mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nomor 12. “TPS akan dilakukan di dalam lapas besok mulai dari pukul 07.00-13.00 WIB,” ujarnya.

Lebih lanjut Kadek Anton menjelaskan, pemungutan suara diikuti oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi sebanyak 286 orang (yang termasuk dalam DPT-red).

“Perlu kami sampaikan bahwa saat ini, jumlah penghuni Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi berjumlah 1.201 orang. Dari jumlah tersebut, sdebanyak 395 orang adalah berdomisili di Kabupaten Bekasi. Namun, berdasarkan verifikasi dari KPUD Kabupaten Bekasi dan Disdukcapil Kabupaten Bekasi hanya 286 orang yang terdaftar dalam database kependudukan Kabupaten Bekasi. Sehingga, 109 orang tidak bisa memilih karena tidak terdaftar dalam database kependudukan,” beber Kadek Anton.

Selain itu, lanjut Kadek, pelaksanaan di TPS 12 dilaksanakan KPPS yang berjumlah 9 (sembilan) orang, yang diketuai oleh Jarkasih dan anggota dari petugas Desa Pasir Tanjung sebanyak 5 (lima) orang dan dari petugas Lapas sebanyak 4 (empat) orang.

“Untuk mengamankan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 12 Lapas Cipayung dibantu oleh petugas keamanan dari Polres Metro Bekasi, Polsek Cikarang Pusat, dan Koramil 12 Serang Baru,” katanya.

Selanjutnya, untuk melindungi hak pilih warga binaan pemasyarakatan adalah merupakan tugas dari Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi, pihaknya telah berkomunikasi dan koordinasi yang terus-menerus dengan KPUD Kabupaten Bekasi agar WBP yang memiliki hak pilih dapat melaksanakan hak pilihnya di dalam Lapas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada KPUD Kabupaten Bekasi, Disdukcapil, Polres Metro Bekasi, Polsek Cikarang Pusat, Koramil XII Serang Baru, seluruh anggota KPPS, seluruh anggota Lapas Kelas III Cikarang-Bekasi, dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Pilkada di dalam Lapas,” pungkasnya. (*)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Pernyataan Wagub Jabar Soal Pembangunan Kota Meikarta Dinilai Tak Berdasar dan Hambat Investasi

Oleh: Hasan Basri BEKASI– Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Daerah (Lambada) Kabupaten Bekasi, Wira …