Heboh! Cuitan @Gus_Sholah Soal Hasil Muktamar NU Tahun 1999

Oleh: Bayu Sid

JAGAT Twitter heboh dengan cuitan akun bernama Salahudin Wahid @Gus_Sholah. Yang bikin heboh, lantaran akun tersebut mencuit soal hasil Muktamar NU tahun 199 yang isinya tentang larangan warga NU memilih pemimpin non Muslim kecuali dalam keadaan darurat.

Gus-SolahDalam cuitan itu, adik kandung KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur itu mengatakan, salah satu hasil Muktamar NU tahun 1999 yakni melarang warga NU memilih pemimpin non muslim, kecuali darurat.

“Itu pendapat GD pribadi. Mukmar NU 1999: melarang memilih pemimpin non muslim kecuali dlm situasi darurat,” cuitnya.

Menurut Gus Sholah, larangan memilih pemimpin non muslim merupakan keputusan Bahtsul Masa’il Al-Wadqi’iyah Muktamar XXX NU di PP Lirboyo Kediri Jawa Timur pada tanggal 21 s/d 27 November 1999.

Gus-Solah-2Keputusan hasil Muktamar NU 1999, itu diposting oleh Gus Solah untuk menjawab pertanyaan seorang netizen dengan akun coblos nomor 2 @haloJakarta yang mencuit pernyataan Gus Dur “Memilih gubernur tidak ada urusannya dengan agama, karena dia ngurus pemerintahan.”

Gus-Solah-3Sempat menjadi keraguan pada sejumlah netizen, kalau itu merupakan cuitan dari KH KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuiren Jombang, Jawa Timur, sekaligus adik kandung KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

“@Gus_Sholah nderek tanglet Yai,apa benar yai menyarankan warga NU Jakarta utk TIDAK memilih Ahok,” tanya netter yang menggunakan akun @fathan_falaky, Jumat malam (3/2/2017).

Pertanyaan itu langsung dijawab Gus Solah. “Betul, itu sesuai dgn hasil putusan muktamar NU 1999. pak Makruf Amin juga punya seruan yg sama,” tegas Gus Solah.

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Konfercab XX NU Karawang, Wabup Berikan Dana Rp 29 Juta

Oleh: Hasan Basri NAHDlATUL ULAMA (NU) Kabupaten Karawang, hari ini, Minggu (19/3/2017), menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) …