Desak Cabut IMB PT Suryacipta Swadaya, Aliansi 4 LSM Geruduk Pemkab Karawang, Pengacara Banting Bundelan Berkas

KARAWANG – Aliansi 4 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Karawang kembali mendatangi kantor Pemda Karawang, Selasa (3/1/2017). Kedatangan kali ini untuk meminta OPD terkait pengurusan IMB milik PT. Suryacipta Swadaya, yang berada di areal tanah seluas lebih dari 400 Ha di kawasan industri Suryacipta Desa Parungmulya Kecamatan Ciampel Karawang, dicabut.

Exif_JPEG_420

Sebelumnya, pada 15 Desember 2016 lalu, Aliansi 4 LSM ini telah menemui pejabat Dinas Cipta Karya, untuk mempertanyakan legalitas pengeluaran IMB di salah satu bangunan yang ada di kawasan tersebut. Saat itu, melalui Safardi selaku Kepala Seksi Pemanfaatan Bangunan DCK, dikatakan bahwa pengeluaran IMB hanya merujuk kepada Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karawang Nomor : 503. 640. /635/ XI/ DPUK/ tertanggal 29 November 1997 tentang Ijin Mendirikan Bangunan. Dan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Karawang Nomor : 503. 640. /60/ VI/ DPUK, tertanggal 29 November 1997 tentang Ijin Mendirikan Bangunan. Yang dikeluarkan pada tahun 1997, dimana IMB tersebut dikeluarkan untuk si pemohon atas nama PT. Surya Cipta Swadaya.

Tak hanya itu, pada Kamis 22 Desember 2016 lalu, Aliansi 4 LSM ini juga telah mendatangi pihak management PT. Suryacipta Swadaya untuk mempertanyakan keabsahan dokumen yang dimiliki terkait pendirian bangunan diatas tanah yang hingga kini masih berstatus sengketa.

“Kami telah mempertanyakan masalah ini kepada pihak management PT. Suryacipta Swadaya, namun pihak PT. Suryacipta Swadaya ternyata tidak bisa menunjukkan Dokumen terkait hal itu,” ujar D. Sutedjo, Ketua Umum Barak, saat hearing dengan beberapa pejabat yang memiliki otoritas terkait pengeluaran IMB di ruang rapat sekda pada selasa siang (3/1/17).

Sementara, audensi yang digelar aliansi 4 LSM ini dihadiri Sekretaris BPMPT Wawan Setiawan, Sekretaris Dinas Ciptakarya tatang Sutiswa, dan Kepala Seksi PPHD Satpol PP Karawang, Munawar beserta stafnya. Audensi yang digelar sempat memanas, saat Sekretaris BPMPT Wawan setiawan hendak memaparkan perihal keberadaan tanah yang dianggap sengketa. saat itu, Supriadi yang menjadi kuasa hukum aliansi 4 LSM ini sempat menganggap bahwa paparan wawan hendak mengaburkan inti permasalahan.

“Tolong bapak jangan mengaburkan pokok permasalahan ini, masalah status tanah dan batas-batasnya bukan wewenang bapak, karena ini adalah wewenang BPN,” sergahnya, sambil membanting berkas satu bundel yang tengah dipeganya.

Supriadi adalah salah seorang pengacara yang mulai naik daun saat gugatannya terhadap panwaslu kabupaten karawang terkait pilkada dimenangkan pihak pengadilan.

Beberapa ketua LSM yang hadir pada audensi tersebut juga menyayangkan sikap pemerintah daerah yang tidak segera bertindak terkait pembiaran bangunan milik PT. Surya Cipta Swadaya diatas tanah sengketa, sementara IMB tersebut diketahui tidak memenuhi prosedur hukum.

“Ini adalah mal administrasi, artinya penyelewengan administrasi oleh pejabat yang dulu berkuasa, oleh karenanya kami meminta supaya pemerintah daerah dalam hal ini Satuan polisi Pamong praja harus segera menyegel bangunan tersebut,” kata M. E Suparno ketua LSM Laskar NKRI. (hsn)

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

Gelar Peringatan HUT Sumpah Pemuda ke-89, ini Pesan Bupati Cellica Nurrachadiana Untuk Pemuda-Pemudi Karawang!!

Oleh: Hasan Basri KARAWANG – Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana Sabtu (28/10/17) pagi, memimpin langsung …