Demo Ahok, Sekelompok Massa Rusuh, 3 Polisi Terluka

JAKARTA – Bentrokan antara pendemo dengan polisi akhirnya pecah di aksi demo 4 November. Sekelompok massa bertindak anarkis dengan memukuli polisi yang berjaga menggunakan kayu dan melempari dengan batu serta botol bekas air mineral, Jumat (4/11/2016) malam. Bentrokan terjadi di dekat Istana Negara.

rib1Polisi yang awalnya hanya menahan diri akhirnya mengambil tindakan. Mereka menembakkan gas air mata dan meriam air.

Tiga anggota kepolisian terluka akibat lemparan batu dan pukulan kayu. Di antara mereka, terdapat pula Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya Brigjen Pol Suntana, dia terkena gas air mata.

Suntana dan tiga anak buahnya langsung dievakuasi dari lokasi bentrokan. Mereka dibopong sejumlah petugas ke lokasi yang lebih aman.

Suasana ricuh pecah saat aparat memukul mundur massa demonstran. Personel Brimob yang awalnya istirahat di Balai Kota kembali disiagakan.

r2Berdasarkan informasi, massa yang terlibat bentrok berasal dari HMI. Bibit kerusuhan terjadi sejak sore hari. Entah apa yang terjadi, ditengah-tengah orasi yang dilaksanakan dalam barisan itu tiba-tiba terjadi aksi lempar botol air mineral ke arah barikade Polisi. Bahkan, aksi tarik-menarik pagar berduri juga terjadi.

Imbauan pihak Kepolisian agar massa HMI tenang ketika itu tak diindahkan. Sampai pada akhirnya Habib Rizieq selaku Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) meminta agar Satgas FPI turun tangan.

“Satgas mana Satgas, turun,” ujarnya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

r3Namun, hal tersebut juga tak menyurutkan pergolakan di tengah barisan HMI. Sampai pada akhirnya Eki Pitung selaku tokoh Jakarta mengambil alih pengeras suara milik polisi untuk menenangkan massa HMI.

“Adik-adik HMI tenang semuanya. Kepolisian sudah berjanji untuk memproses Ahok secara hukum. Musuh kita bukan polisi, tapi Ahok,” ungkapnya.

Sore itu, kericuhan sempat mereda. Apa yang dilakukan Eki Pitung tampak berhasil. Luapan emosi massa HMI perlahan padam. (lit)

 

 

This site is using SEO Baclinks plugin created by InfoMotru.ro and Locco.Ro

About admin

Check Also

May Day Rusuh, Buruh Bakar Karangan Bunga Ahok-Djarot

JAKARTA – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2017, diwarnai …